Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tacoheroick.id Dengan Metode Value Proposition Canvas Dan Business Model Canvas
DOI:
https://doi.org/10.25170/metris.v23i02.3926Keywords:
BMC, VPC, Takoyaki FoodAbstract
Era VUCA merepresentasikan situasi bisnis yang menciptakan ketidakpastian dan ketidakstabilan serta menimbulkan ketakutan. Kemampuan beradaptasi bisnis adalah keterampilan mendasar yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan bisnis. Selain itu, kondisi bisnis yang berubah dengan cepat mengharuskan perusahaan untuk benar-benar menyadari peluang, risiko, dan tantangan. Di antara semua bidang usaha UMKM, seni kuliner sangat diminati. Karena makan merupakan kebutuhan dasar manusia dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bisnis di bidang kuliner juga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan dan dapat dijalankan dengan modal yang lebih sedikit. Maka dari itu perkembangan untuk bisnis Tacoheroick.id dapat disimpulkan dengan berdasarkan pengumpulan data dan hasil analisis dari pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan yang merujuk pada perumusan masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Didapatkannya kesimpulan dalam menganalisis perkembangan bisnis Tacoheroick.id dalam target pasar pelajar SMA, mahasiswa dan pegawai kantoran hingga sekitar JABODETABEK dalam metode bisnis franchise, Tacoheroick.id menawarkan harga yang terjangkau dan pembayaran yang mudah (seperti gopay, ovo, dana, dan shopeepay). Tacoheroick.id memasarkan produk dengan aplikasi online dan mengikuti festival. Agar aktivitas dan kebutuhan sumber daya Tacoheroick.id dapat berjalan untuk menghasilkan value yang diharapkan, bisnis Tacoheroick.id memiliki kerja sama dengan frozen food, toko plastik, toko sembako dan food vlogger. Bisnis Tacoheroick.id memiliki Cost Structure terdiri dari biaya bahan baku, biaya penunjang produksi, biaya kemasan, biaya tenaga kerja dan biaya transportasi. Perubahan yang diusulkan diharapkan akan mengembangkan pada bisnis Tacoheroick.id.