Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Z Melalui Kegiatan Kreativitas

Authors

  • Lydiawati Soelaiman Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.4777

Keywords:

generation z, kreativitas, minat berwirausaha, karakter kreatif, pendidikan kewirausahaan

Abstract

Kreativitas memiliki peranan penting dalam kemajuan ekonomi. Generasi Z memiliki potensi yang tinggi dalam menciptakan karya – karya kreatif. Pendidikan kewirausahaan pada tingkat bangku sekolah akan menjadi langkah awal yang efektif untuk mengembangkan potensi kreativitas dari peserta didik generasi Z. Melalui pendidikan di bangku sekolah, para peserta pendidik diharapkan mampu menanamkan karakter, sifat, watak dan jiwa entrepreneurship. Menyadari pentingnya pengetahuan mengenai kewirausahaan, maka tim pengabdian masyarakat mengadakan kegiatan yang memperkenalkan konsep kewirausahaan kepada siswa. Mitra dari kegiatan ini adalah salah satu sekolah swasta di Jakarta Pusat. Tim pengabdian masyarakat memperkenalkan pendidikan kewirausahaan melalui seminar interaktif dan workshop kreativitas agar siswa dapat membuat berbagai produk yang lebih berharga dan dapat menghasilkan keuntungan. Workshop kreativitas yang diterapkan pada kegiatan ini adalah pembuatan lilin aromaterapi dan sabun wangi. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 98 murid dan 10 guru pendamping. Berdasarkan hasil evaluasi dari siswa dan pihak sekolah, kegiatan ini mendapat tanggapan positif dan dianggap bermanfaat.

References

Admin SMP. (2022, July 23). Tanamkan jiwa entrepreneur sejak dini, Direktorat SMP Gelar Webinar Pendidikan Kewirausahaan. Retrieved from: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/tanamkan-jiwa-entrepreneur-sejak-dini-direktorat-smp-gelar-webinar-pendidikan-kewirausahaan/

Anjum, T., Farrukh, M., Heidler, P., & Díaz Tautiva, J. A. (2020). Entrepreneurial intention: Creativity, entrepreneurship, and university support. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 1-13. https://doi.org/10.3390/joitmc7010011

Dharmanegara, I. B. A., Rahmayanti, P. L. D., & Yasa, N. N. K. (2022). The role of entrepreneurial self-efficacy in mediating the effect of entrepreneurship education and financial support on entrepreneurial behavior. International Journal of Social Science and Business, 6(2), 165-172. https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i2.46719

Ie, M., & Tunjungsari, H. K. (2021). Pengenalan program kewirausahaan berbasis industri kreatif bagi siswa SMP Al-Jannah, Pondok Rangon, Jakarta Timur. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 250 – 259. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/issue/view/426

Jena, R. K. (2020). Measuring the impact of business management Student's attitude towards entrepreneurship education on entrepreneurial intention: A case study. Computers in Human Behavior, 107, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106275

Jiatong, W., Murad, M., Bajun, F., Tufail, M. S., Mirza, F., & Rafiq, M. (2021). Impact of entrepreneurial education, mindset, and creativity on entrepreneurial intention: Mediating role of entrepreneurial self-efficacy. Frontiers in Psychology, 12, 1-13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.724440

Kemendikbud. (2020, September 25). Tanamkan jiwa wirausaha, Kemendikbud selenggarakan kegiatan kewirausahaan jenjang SMP. kemendikdasmen.go.id. Diakses dari: https://www.kemendikdasmen.go.id/siaran-pers/6584-tanamkan-jiwa-wirausaha-kemendikbud-selenggarakan-kegiatan-k

Mozahem, N. A., & Adlouni, R. O. (2021). Using entrepreneurial self-efficacy as an indirect measure of entrepreneurial education. The International Journal of Management Education, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100385

Purwaningsih, D. & Muin, N. A. (2021). Mengenalkan jiwa wirausaha pada anak sejak dini melalui pendidikan informal. Jurnal Usaha, 2(1), 34-42. https://doi.org/10.30998/juuk.v2i1.653

Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2016, Agustus). Pendidikan kewirausahaan bagi anak usia sekolah dasar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. (hlm. 419–437). Universitas Sebelas Maret. https://core.ac.uk/download/pdf/289793374.pdf

Soelaiman, L., Selamat, F., & Puspitowati, I. (2023). Exploring the predictive factors of gen Z readiness for entrepreneurship. International Journal of Research in Business and Social Science, 12(5), 10-16. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i5.2757

Zimmerer, T. W., & Jolly, J. M. (2024). Becoming an entrepreneur: Starting your journey and finding your way. Red Bank, New Jersey: Newman Springs Publishing. https://www.barnesandnoble.com/w/becoming-an-entrepreneur-thomas-zimmerer-ph-d/1145157260

Published

25-06-2025

How to Cite

Soelaiman, L. (2025). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Z Melalui Kegiatan Kreativitas. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 9(1), 53-62. https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.4777