Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Z Melalui Kegiatan Kreativitas
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.4777Kata Kunci:
generasi z, kreativitas, minat berwirausaha, karakter kreatif, pendidikan kewirausahaanAbstrak
Kreativitas memiliki peranan penting dalam kemajuan ekonomi. Generasi Z memiliki potensi yang tinggi dalam menciptakan karya – karya kreatif. Pendidikan kewirausahaan pada tingkat bangku sekolah akan menjadi langkah awal yang efektif untuk mengembangkan potensi kreativitas dari peserta didik generasi Z. Melalui pendidikan di bangku sekolah, para peserta pendidik diharapkan mampu menanamkan karakter, sifat, watak dan jiwa entrepreneurship. Menyadari pentingnya pengetahuan mengenai kewirausahaan, maka tim pengabdian masyarakat mengadakan kegiatan yang memperkenalkan konsep kewirausahaan kepada siswa. Mitra dari kegiatan ini adalah salah satu sekolah swasta di Jakarta Pusat. Tim pengabdian masyarakat memperkenalkan pendidikan kewirausahaan melalui seminar interaktif dan workshop kreativitas agar siswa dapat membuat berbagai produk yang lebih berharga dan dapat menghasilkan keuntungan. Workshop kreativitas yang diterapkan pada kegiatan ini adalah pembuatan lilin aromaterapi dan sabun wangi. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 98 murid dan 10 guru pendamping. Berdasarkan hasil evaluasi dari siswa dan pihak sekolah, kegiatan ini mendapat tanggapan positif dan dianggap bermanfaat.
Referensi
Admin SMP. (2022, July 23). Tanamkan jiwa entrepreneur sejak dini, Direktorat SMP Gelar Webinar Pendidikan Kewirausahaan. Retrieved from: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/tanamkan-jiwa-entrepreneur-sejak-dini-direktorat-smp-gelar-webinar-pendidikan-kewirausahaan/
Anjum, T., Farrukh, M., Heidler, P., & Díaz Tautiva, J. A. (2020). Entrepreneurial intention: Creativity, entrepreneurship, and university support. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 1-13. https://doi.org/10.3390/joitmc7010011
Dharmanegara, I. B. A., Rahmayanti, P. L. D., & Yasa, N. N. K. (2022). The role of entrepreneurial self-efficacy in mediating the effect of entrepreneurship education and financial support on entrepreneurial behavior. International Journal of Social Science and Business, 6(2), 165-172. https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i2.46719
Ie, M., & Tunjungsari, H. K. (2021). Pengenalan program kewirausahaan berbasis industri kreatif bagi siswa SMP Al-Jannah, Pondok Rangon, Jakarta Timur. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 250 – 259. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/issue/view/426
Jena, R. K. (2020). Measuring the impact of business management Student's attitude towards entrepreneurship education on entrepreneurial intention: A case study. Computers in Human Behavior, 107, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106275
Jiatong, W., Murad, M., Bajun, F., Tufail, M. S., Mirza, F., & Rafiq, M. (2021). Impact of entrepreneurial education, mindset, and creativity on entrepreneurial intention: Mediating role of entrepreneurial self-efficacy. Frontiers in Psychology, 12, 1-13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.724440
Kemendikbud. (2020, September 25). Tanamkan jiwa wirausaha, Kemendikbud selenggarakan kegiatan kewirausahaan jenjang SMP. kemendikdasmen.go.id. Diakses dari: https://www.kemendikdasmen.go.id/siaran-pers/6584-tanamkan-jiwa-wirausaha-kemendikbud-selenggarakan-kegiatan-k
Mozahem, N. A., & Adlouni, R. O. (2021). Using entrepreneurial self-efficacy as an indirect measure of entrepreneurial education. The International Journal of Management Education, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100385
Purwaningsih, D. & Muin, N. A. (2021). Mengenalkan jiwa wirausaha pada anak sejak dini melalui pendidikan informal. Jurnal Usaha, 2(1), 34-42. https://doi.org/10.30998/juuk.v2i1.653
Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2016, Agustus). Pendidikan kewirausahaan bagi anak usia sekolah dasar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. (hlm. 419–437). Universitas Sebelas Maret. https://core.ac.uk/download/pdf/289793374.pdf
Soelaiman, L., Selamat, F., & Puspitowati, I. (2023). Exploring the predictive factors of gen Z readiness for entrepreneurship. International Journal of Research in Business and Social Science, 12(5), 10-16. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i5.2757
Zimmerer, T. W., & Jolly, J. M. (2024). Becoming an entrepreneur: Starting your journey and finding your way. Red Bank, New Jersey: Newman Springs Publishing. https://www.barnesandnoble.com/w/becoming-an-entrepreneur-thomas-zimmerer-ph-d/1145157260
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lydiawati Soelaiman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.