Implementasi Teknologi Pemasaran Digital dan Peningkatan Kualitas Produk Pengusaha Gula Aren di Desa Makasili

Authors

  • Tirsa Julianti Saruan Universitas Sariputra Indonesia Tomohon
  • Anggela A. Adam Universitas Sariputra Indonesia Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4328

Keywords:

gula aren , kualitas produk , pemasaran digital

Abstract

Pemasaran digital merupakan strategi yang efektif dan efisien dalam memasarkan dan menarik konsumen untuk mengenal produk dan jasa yang ditawarkan. Desa Makasili merupakan desa yang salah satu mata pencarian masyarakatnya adalah pengusaha gula aren. Masyarakat menjadikan gula aren sebagai sumber penghasilan, tetapi pendapatan dari penjualan gula aren masih pas-pasan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengoperasikan pemasaran digital dan meningkatkan kualitas produk gula aren untuk meningkatkan penghasilan mitra. Mitra kegiatan ini ialah dua pengusaha gula aren. Metode yang digunakan meliputi (1) sosialisasi dan (2) implementasi teknologi pemasaran digital dan pelatihan peningkatan kualitas produk. Berdasarkan analisis, keterampilan meningkatkan kualitas produk sebanyak 90%. Selanjutnya, setelah diberikan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan pemasaran digital, 95% berpendapat sangat terbantukan dengan adanya pemasaran digital. Pemberian pengetahuan tentang manajemen usaha diketahui mengalami peningkatan pengetahuan 100%. Setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan, penjualan gula aren mengalami peningkatan jumlah produksi, yaitu dari 24 kg menjadi 47 kg yang dikonversikan 95,83% dan mengalami peningkatan penghasilan sebesar 187,9% dengan harga awal jual Rp17.000,00 menjadi Rp25.000,00. Disimpulkan bahwa setelah mendapat pelatihan ditunjang dengan penjualan menggunakan pemasaran digital, telah terdapat peningkatan penghasilan.

References

Amstrong, G. & Philip, K. (2012). Dasar-dasar pemasaran. Jilid I. Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Penerbit Prenhalindo.

Budirahardjo, S. dkk. (2023) PKM Strategi digital marketing dalam pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkembangkan Usaha Ekonomi Kreatid di RT.08 RW.X Kel. Kembangarum, Kota Semarang. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 5(1), 9-16. https://doi.org/10.30873/jppm.v5i1.3678

Hasanah, U. (2013). Sistem informasi penjualan on-line pada toko kreatif suncom pacitan, IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security,2(4), 1-6. http://dx.doi.org/10.55181/ijns.v2i4

Hidayat, dkk. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai digital marketing UMKM di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku, 3(3), 119-124. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Karim A, Fadlina, Ginting G, (2022) Pemanfaatan digital marketing dengan Ffacebook Aads bagi pelaku UMKM di Babuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang,2 (19), 12-16. https://doi.org/10.58369/jpmg.v2i1.52

Roida, L. (2018) Meningkatkan kualitas porduk sebagai strategi fundamental dalam bersaing. Scientific Journal of Reflection, 1(1), 91-100. https://doi.org/10.37481/sjr.v1i1.106

Sanjaya, R. & Josua, T. (2009). Creative digital marketing. Elex Media Komputindo.

Sari D. A. dkk. (2022) Pengabdian pendampingan manajemen usaha UMKM sambel pecel Bu Heru untuk meningkatkan daya saing. Adi Widya (Jurnal Pengabdian Masyarakat,6(2), 82-98. https://doi.org/10.33061/awpm.v6i2.8135

Solihin D. dkk, (2021) Pelatihan pemasaran online berbasis digital untuk meningkatkan penjualan bisnis online pada UMKM di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi PKM (Pengabdian kKepada Masyarakat), 2(3), 307-311. http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726

Sugiharto, Wasesa, T. (2021). PkM sebagai usaha peningkatan kualitas produk dan inovasi manajemen pemasaran bagi kelompok pengrajin krupuk rambak di Desa Klepek Kecamatan Sokosewukabupaten Bojonegoro. JPKMI (Jurnal Pengabdian kKepada Masyarakat Indonesia), 1(3), 56-65. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i3.122

Published

2023-11-30

How to Cite

Saruan, T. J., & Anggela A. Adam. (2023). Implementasi Teknologi Pemasaran Digital dan Peningkatan Kualitas Produk Pengusaha Gula Aren di Desa Makasili. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 171–183. https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4328
Abstract views: 212 | PDF downloads: 163