KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR (GURU BK/K) PROGRAM ALIH FUNGSI DI PROVINSI DKI JAKARTA
Abstrak
AbstrakTujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran empirik kompetensi Guru BK/K program diklat alih fungsi dari Jurusan BK FIP UNJ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei yang bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru BK/K lulusan diklat alih fungsi dari Jurusan BK FIP UNJ di Wilayah Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah 184 orang. Sampel penelitian berjumlah 92 orang yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tracer study kompetensi guru BK/K. Analisis data kompetensi guru BK/K lulusan diklat alih fungsi dari Jurusan BK FIP UNJ menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kompetensi guru BK/K lulusan diklat alih fungsi dari Jurusan BK FIP UNJ tahun 2011 pada umumnya berada pada kategori baik, dengan rincian: kompetensi pedagogik (77.7%); kompetensi profesional (76.1%); kompetensi kepribadian (79%); dan kompetensi sosial (78.3%). Kedua, kompetensi yang dirasakan guru BK/K alih fungsi yang masih perlu ditingkatkan adalah kompetensi dalam bidang penguasaan TIK (20.7%), asesmen (17.4%), komunikasi konseling (15.2%), kepribadian (9.8%), kerjasama (7.6%), pengembangan diri, pemahaman tupoksi, dan bahasa Inggris (3.3%), pengembangan program, manajemen BK, disiplin, tambahan tenaga BK dan kompetensi akademik (1.1%). Rekomendasi penelitian ditujukan kepada pihak Jurusan BK FIP UNJ, Guru BK/K alih fungsi, dan peneliti selanjutnya.AbstractUsing a descriptive survey method, this study aims at finding out a picture of Guidance and Counseling teachers’ competence in the education and training program. The research population was 184 Counseling and Guidance teachers who passes the education and training program. Samples included 92 teachers who were randomly selected. Data were collected through a tracer study of teachers’ competence. Data were analyzed using a descriptive statistics with a percentage technique. Results showed that (1) teachers’ competence in 2011 were generally at the category of good, with the following details: pedagogic competence (77.7 %), professional competence (76.1 %), personal competence (79%); and social competence (78.3%), (2) teachers felt that the following needs to be improved: competence in the TIK mastery (20.7 %), assessment (17.4%), counseling communication (15.2%), personality (9.8%), collaboration (7.6 %), self-professionalization and the mastery of English proficiency (3.3 %), program development, Guidance and Counseling management, discipline, staff, and academic competence (1.1 %). Key words: Guidance and Counseling teachers’ competence, tracer studyDiterbitkan
2015-03-01
Terbitan
Bagian
Articles