HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DETERMINASI DIRI SISWA KELAS X SMA CHARITAS
Abstrak
Abstrak Determinasi diri adalah kemampuan individu untuk memiliki kontrol diri dalam memfasilitasi dirinya mencapai tujuan hidup pribadi dengan menerima kekuatan dan keterbatasan diri yang didasarkan pada tiga kebutuhan psikologis bawaan yaitu kebutuhan akan kompetensi, otonomi, dan keterikatan. Efikasi diri adalah keyakinan akan kemampuan diri dalam menyelesaikan sebuah tugas yang meliputi dimensi kesukaran, generalisasi dan kekuatan dalam penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan determinasi diri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Charitas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen skala penilaian. Hasil analisis korelasi antara efikasi diri dengan determinasi diri menunjukkan adanya korelasi yang positif dan signifikan antara keduanya. Saran kepada guru Bimbingan Konseling agar dapat meningkatkan efikasi diri dan determinasi diri siswa, antara lain melalui program konseling individual, refleksi harian tentang kegiatan belajar, jurnal harian, dan dinamika kelompok. Kata kunci: efikasi diri, determinasi diriAbstractSelf-determination is the ability of individual in having the self-control of facilitating himself in fulfilling his life purposes by accepting strength and limitation based on three innate psychological needs: the need for competence, autonomy and attachment. Self-efficacy is the conviction about one’s ability in accomplishing a task, consisting of dimensions of difficulty, generalization, and strength in accomplishing it. This study aims to identify the correlation between self-efficacy and self-determination. Subjects were students of tenth grade of Charitas Senior High School. Data collection used the evaluation scale instrument. Analysis of correlation between self-efficacy and self-determination showed positive and significant correlation between both. Suggestions for guidance counseling teacher in order to enhance self-efficacy and self-determination of students include among others individual counseling program, daily reflection on study activity, daily journal, and group dynamic. Keywords: self-efficacy, self-determinationDiterbitkan
2016-05-01
Terbitan
Bagian
Articles