GAMBARAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN MELALUI METODE “AMONG” DI PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Penulis

  • Bernadette Setiadi Setiadi Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya

Abstrak

AbstrakPenelitian ini membedah metode “among” sebagai metode pendidikan yang menerapkan model kepemimpinan Ki Hajar Dewantara (KHD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan content analysis terhadap hasil wawancara yang dilakukan dengan 13 subjek yang terlibat langsung dalam pendidikan di Perguruan Tamansiswa dan alumni Perguruan Tamansiswa.  Penelitian mengenai pendidikan kepemimpinan melalui metode “among” ini menghasilkan tiga rumusan konsep kepemimpinan KHD dan satu poin rumusan hambatan pelaksanaan metode “among”. Kepemimpinan KHD adalah kemampuan seseorang untuk menjadi teladan dalam membangun kemauan pengikutnya untuk belajar dan membentuk swa-disiplin dan pelaksanaannya tertuang dalam metode “among”. Pendidikan kepemimpinan melalui metode “among” menghasilkan anak didik yang mampu menjalankan hidup yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, serta mampu memerintah dirinya sendiri untuk mengusahakan kesejahteraan bersama.Kata kunci: disiplin diri, kepemimpinan, metode “among”AbstractThis study examines the “among” (literally taking care of), a method in education which applies the Ki Hajar Dewantara (KHD) management model. Using a quantitative approach, it conducted a content analysis of an interview result of thirteen subjects (students and alumnae) of the “Perguruan Taman Siswa. This study formulated three concepts of the KHD management in one point formulation of the hindrance of the “among” method application. The KHD management is the ability of a student to be a model of learning and discipline, which is found in the “among” method. This method produces students who are able to live a valuable life both for themselves and others, as well as to self-govern so as to make efforts for the common goods. Key words: self-discipline, leadership, “among’ method

Diterbitkan

2016-10-01

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 52