PERSEPSI MAHASISWA PRODI BK TERHADAP IKLIM SOSIAL DI LINGKUNGAN PRODI BK
Abstrak
Abstrak Persepsi terhadap iklim sosial program studi Bimbingan dan Konseling (prodi BK) merupakan penilaian mahasiswa prodi BK terhadap pengalaman yang terkait interaksi timbal balik dengan anggota komunitas dalam relasi sosial, sistem kebijakan, dan perubahan sistem di komunitas prodi BK. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa aktif prodi BK angkatan 2010-2015 yang berjumlah 70 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Instrumen persepsi mahasiswa Prodi BK terhadap iklim sosial di prodi BK terdiri dari tiga komponen yaitu hubungan sosial, perkembangan pribadi, dan penetapan dan penerapan aturan kontrol terhadap perilaku terdiri yang berjumlah 45 pernyataan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa terdapat 36 mahasiswa (51,43%) memiliki persepsi yang sangat positif mengenai iklim sosial di prodi BK. Adapun mahasiswa yang memiliki persepsi cukup positif sebanyak 34 orang (48,57%). Mahasiswa prodi BK menilai secara positif iklim sosial di prodi BK. Interaksi mahasiswa dengan sesama mahasiswa dan dengan dosen dinilai positif oleh mahasiswa. Iklim sosial yang dinilai mahasiswa kurang positif adalah yang terkait dengan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan melaksanakan ide kreatif yang diusulkan mahasiswa. Kata kunci: iklim sosial, hubungan sosial, perkembangan pribadi, dan penetapan dan penerapan aturan kontrol terhadap perilaku Abstract: Perceptions of a social climate of the guidance and counseling study program is students’ assessment of the program related to their experiences and mutual interactions with the community members in social relation, policy system, and system changes. Subjects were 70 active students (class of 2010-2015) from the study program. The instrument used consisted of three components: social relation, personal development, the application of control regulation towards students’ attitudes which are composed of 45 statements. Data were analyzed using descriptive statistics. Results revealed that 36 students (51.43%) had a very positive perception of the social climate of the study program, and 34 students (48.57%) had a fairly positive perception. Student-student and student-teacher interactions were perceived positively by the students. However, the component of opportunity to develop and carry out creative ideas proposed by students was perceived less positively. Key words: social climate, social relation, personal development, the application of control regulation towards students’ attitudesDiterbitkan
2017-05-01
Terbitan
Bagian
Articles