Penerapan Pendekatan Pakem Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik

Penulis

  • M. Francine Avanti Samino Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Kata Kunci:

pendekatan PAKEM, keaktifan mahasiswa

Abstrak

Keaktifan mahasiswa selama proses pembelajaran merupakan salah satu indikator adanya keinginan atau motivasi mahasiswa untuk belajar. Oleh karena itu saat dosen melaksanakan pembelajaran dibutuhkan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa. Salah satu cara dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PAKEM dapat membuat mahasiswa lebih berani dan mampu mengungkapkan ide dengan memberikan argumen yang rasional terhadap topik yang sedang dibahas. Selain itu, mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan yang bersifat kritis, mulai mampu mengungkapkan pendapat dan pernyataan serta saling menanggapi dan memberi komentar terhadap pendapat dan pernyataan dari dosen atau teman-temannya sehingga mahasiswa tidak lagi hanya sebagai pendengar tetapi terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan PAKEM dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa di kelas. Subyek penelitian adalah 45 mahasiswa PGSD Unika Atma Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa di kelas. Suasana yang tercipta lebih menarik sehingga mahasiswa tidak mudah cepat bosan, dapat membangkitkan minat dan penguasaan mahasiswa terhadap materi kuliah serta membangkitkan minat untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Dengan terlibatnya mahasiswa dalam pembelajaran.

Referensi

Ahmad, R. (2010). Sebuah pengantar menuju guru profesional. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati dan Mujiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah , D. (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hurlock, E. (1991). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga
Papalia, D.E. (2008). Human development. New York: McGraw Hill
Sadirman, A. M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak edisi kesebelas jilid 1.Jakarta: Erlangga
Santrock, JW. (2007). Perkembangan anak edisi kesebelas jilid 2.Jakarta: Erlangga
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta : Kencana
Suparlan, dkk. (2009). PAKEM. Bandung: PT GENESINDO

Diterbitkan

2012-05-01

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 55 | PDF downloads: 164

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama