KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP 177 JAKARTA SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Penulis

  • Anastasia Noengsih Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Kata Kunci:

kemandirian belajar

Abstrak

Kemandirian belajar adalah kemampuan siswa dalam merencanakan dan memilih kegiatan belajar, berinisiatif dan memacu diri untuk belajar, bertanggungjawab, dan belajar dengan penuh percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa SMPN 177 Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala penilaian kemandirian belajar Ujicoba terpakai dilakukan untuk mengetahui reliabilitas instrumen dan validitas pernyataan menggunakan rumus persentase. Diketahui reliabilitas instrumen sebesar 0.968 dan pernyataan valid sebanyak 52 pernyataan dan pernyataan tidak valid sebanyak 12 pernyataan. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 177 yang berjumlah 34. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa SMPN 177 memiliki tingkat kemandirian belajar pada klasifikasi tinggi siswa (47%). Berdasarkan hasil analisis rata-rata skor komponen, diketahui bahwa komponen yang paling dominan adalah komponen bertanggung jawab. Peneliti memberikan saran kepada guru BK SMP 177 Jakarta Selatan agar mengadakan konseling individual agar siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam merencanakan kegiatan belajar yang tepat bagi dirinya.

Referensi

Agnita, Maria Kiki. (2015). “Perbedaan kemandirian belajar ditinjau dari kebiasaan membaca siswa kelas VIII SMP Strada Santa Maria 1 Tangerang”. Skripsi Sarjana , diterbitkan. Jakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Atma Jaya.
Ali, M., dan Asrori, M. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Basir, L. O. (2010). Kemandirian belajar atau belajar mandiri. http://www.sma dwiwarna.net/website/data/artikel/kemandirian.htm. Diakses 20-12-2015.
Danim, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Dimyati .(2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Rusman. (2016). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalosme Guru. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudarnoto, L.F.N. (2014). Metodologi penelitian (belum dipublikasikan) Jakarta: BK UAJ.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsu Rizal. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa, Jurnal Bioedukatika, Vol. 3, No. 2, Desember 2015.
Tirtaraharja, Umar dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Unaradjan, D. D. (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Grafindo.
Yuliani, V. (2018). Hubungan motif belajar dan kemandirian belajar siswa kelas VII dan Kelas VIII SMP Marie Joseph Jakarta Utara tahun ajaran 2018/2019. Skripsi Sarjana, diterbitkan. Jakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Atma Jaya.

Diterbitkan

2021-05-28

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 107 | PDF downloads: 53