RESILIENSI HIDUP MEMBIARA BAGI SUSTER YUNIOR FRANSISKAN PENGHAYAT SPIRITUALITAS PENITEN REKOLEK CHARITAS ALLES VOOR ALLEN DALAM FORMASIO AWAL

Penulis

  • Eva Anita Sarereake Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • G. Bambang Nugroho UNIVERSITAS KATOLIK ATMA JAYA JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i2.4878

Kata Kunci:

resiliensi, resiliensi hidup membiara, suster yunior

Abstrak

Resiliensi adalah kemampuan seseorang untuk bertahan dan bangkit dari pengalaman yang menekan, menyesuaikan keadaan diri dan situasi sehingga mampu melihat dengan jernih setiap permasalahan dan merefleksikan hidupnya serta menjadikan setiap pengalaman sebagai pembelajaran bagi kehidupan selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat resiliensi religius suster yunior selama masa pembinaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala penilaian. Hasil dari penelitian ini adalah para suster yunior memiliki resiliensi diri yang tinggi. Kesimpulan yang diperoleh adalah para suster memiliki optimisme dalam hidup panggilan, namun memiliki nilai yang rendah dalam pengendalian diri. Saran yang dapat diberikan adalah bagi formator dapat membuat rancangan layanan bimbingan individual berdasarkan komponen terendah. Bagi suster yunior agar mampu memiliki sikap pengendalian diri terhadap berbagai dorongan yang bersal dari dalam maupun luar diri. Kemudian untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dan menjadi bahan referensi belajar.

Referensi

Al Musafiri, M. R., & Umroh, N. M. R. (2022). Hubungan Optimisme Tehadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal At-Taujih, 2(2), 70-84.

Azzahra, F. (2016). Pengaruh Resiliensi Terhadap Distres Psikologis Pada Mahasiswa (Disertasi Doktor, University of Muhammadiyah Malang).

Budiastuti, D., Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian (dengan analisis NVIVO, SPSS, AMOS). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan Spiritualitas Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 32-41.

Eddy Kristianto OFM, Antonius (2018). Mengenal Spiritualitas Penghayat PRCA. Yogyakarta: Kanisius

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020). Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2).

Mahesti, N. P. R. E., & Rustika, I. M. (2020). Peran Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Diri Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Universitas Udayana Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 53-65.

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek). Medan: CV. Widya Puspita.

Novianti, R. (2018). Orang Tua Sebagai Pemeran Utama Dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 7(1), 26-33.

Pedhu, Yosep (2005). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Daya Tahan Dengan Komitmen Hidup Membiara Bagi Para Frater Pasionis. Jakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya.

Ruswahyuningsi, M. C., & Afiatin, T. (2015). Resiliensi Pada Remaja Jawa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 1(2), 96-105.

Sari, S. P., Aryansah, J. E., Sari, K. (2020). Resiliensi Mahasiswa Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 Dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 17-22.

Sudarnoto, L.F.N. (2018). Bahan Ajar Metodologi Penelitian. Jakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Unika Atma Jaya (tidak diterbitkan).

Suparno, Paul. (2016). Hidup Membiara Di Zaman Modern. Yokyakarta: PT. Kanisius

Tima, L. L., Muti'ah, T. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Resiliensi Pada Para Suster Yunior Di Kota Yogyakarta. Jurnal Spirits, 5(1), 16-24.

Utami, C. T. (2017). Self-Efficacy Dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54-65.

Widuri, E. L. (2012). Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 24531.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31 — Diperbaharui pada 2023-12-01

Versi

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 38 | PDF downloads: 32