Pentingnya Tanggung Jawab Sosial Korporasi demi Keberlangsungan Bisnis

Penulis

  • Kasdin Sihotang

DOI:

https://doi.org/10.25170/respons.v17i01.740

Kata Kunci:

Tanggung jawab, tanggung jawab legal, tanggung jawab ekonomis, eksistensi, kepentingan internal dan kepentingan eksternal, pemangku kepentingan.

Abstrak

Bisnis memainkan peran penting dalam kehidupan manusia modern. Hal ini berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan manusia modern. Kendati bisnis bernilai ambilen. Di satu sisi, bisnis memberi peluang bagi manusia untuk memenuhi kesejahteraannya tetapi di sisi lain bisnis berpeluang memperkenalkan tindakan kotor yang mencancam lingkungan dan mengeksploitasi tenaga kerja. Banyak pelaku bisnis modern yang tidak peduli terhadap kesejahteraan manusia cenderung tidak bertanggunjawab terhadap efek negatif dari karya bisnis mereka. Untuk menjadikan bisnis lebih manusiawi, tanggungjawab sosial perusahaan dibutuhkan. Tanggunjwab sosial perusahaan termasuk di dalamnya concern terhadap hak-hak pekerja dan konsumen demi meningkatkan kesejahteraan orang-orang yang terkait dengan perusahaan.

Referensi

A Stanwich, Peter & Sarah D Stanwick. (2009). Understanding Business Ethics, London : Pearson Prentice Hall. Byron, William J. (2010). The Power of Principles: Etika untuk Budaya Baru Perusahaan, terj. Hardono Hadi, Yogyakarta: Kanisius.
Dua, Mikhael, Filsafat Ekonomi, Kanisius, Yogyakarta. 2006.
DesJardins, Joseph. (2011). An Introduction to Business ethics, Fourth edition, Singapore: McGraw-Hill.
Hartman, Laura & Desjardins. (2011). Etika Bisnis: Pengambilan Keputusan untuk Integritas Pribadi & Tanggungjawabsosial, terj. Danti Puriati. (2011). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Keraf, A Sonny. (1998). Etika Bisnis dan Relevansinya, Yogyakarta: Kanisius.
Sigit P, Tri Hendro. (2012). Etika Bisnis Modern: Pendekatan Pemangku Kepentingan, Yogyakarta: UPP STIM YKPN .
Sihotang, Kasdin. (2011). “Bisnis dalam Bingkai Eksistensi Manusia Modern” dalam Andre Ata Ujan (ed), Moralitas Lentera Peradaban Dunia, Yogyakarta: Kanisius.
Sihotang, Kasdin. (April 2010). “Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Mungkinkah?”, Suara Pembaruan, 30.
Suseno, Franz Magnis. (1987). Etika Dasar: masalah-masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta: Kanisius.
Velasques, Manuel G. (2012). Business Ethics: Concept and Cases, seventh edition, London: Pearson Prentice Hall.
Weis, Joseph W (2009). Business Ethics: A Stakeholder & Issuse Management Approach with Cases, US A: South Western.

Diterbitkan

2019-08-08

Cara Mengutip

Sihotang, K. (2019). Pentingnya Tanggung Jawab Sosial Korporasi demi Keberlangsungan Bisnis. Respons: Jurnal Etika Sosial, 17(01), 69–91. https://doi.org/10.25170/respons.v17i01.740
Abstract views: 245