ANALYSIS OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP ON JOB SATISFACTION MEDIATED BY SOFT SKILLS DEVELOPMENT FOR MILLENNIAL EMPLOYEES AT THE AGD GOVERNMENT INSTITUTION

Penulis

  • Angela Gerrin Djaya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/jm.v22i2.6607

Kata Kunci:

Transformational Leadership, Soft Skill Development, Job Satisfaction, Millennial Employees, Government Institution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transformational leadership dengan mediasi pengembangan soft skill terhadap kepuasan kerja karyawan milenial di Institusi Pemerintah AGD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei. Data dikumpulkan dari 100 karyawan milenial di Institusi Pemerintah AGD melalui kuisioner. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Process Macro SPSS yang dikembangkan oleh Andrew Hayes untuk menguji pengaruh transformational leadership, pengembangan soft skill terhadap kepuasan kerja karyawan milenial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformational leadership dan pengembangan soft skill memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan milenial.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa transformational leadership dan pengembangan soft skill merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan milenial. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya institusi untuk menerapkan transformational leadership dan mengembangkan soft skill  karyawan milenial untuk meningkatkan kepuasan kerja mereka.

Kata Kunci: Transformational Leadership, Pengembangan Soft Skill, Kepuasan Kerja, Karyawan Milenial, Institusi Pemerintah AGD

Referensi

Afuan, M., Ali, H., & Zefriyenni, Z. (2023). Peningkatan Kinerja dan Kepuasan Kerja : Motivasi dan Komitmen Organisasi (Studi Literature Review Manajemen Sumberdaya Manusia). https://doi.org/10.31933/jimt.v4i6

Deloitte. (2022). The Deloitte Global 2022 Gen Z and Millennial Survey. https://www.deloitte.com/global/en/about/people/socialresponsibility/genzmillennialsurvey.html.

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. (2024). Profil. Accessed on 1st November 2024, dari https://disdik.jakarta.go.id/profile/

Hayes, A. F. (2022). Introduction to Mediation, Moderation, and Conditional Process Analysis: A Regression-Based Approach (3rd ed.). The Guilford Press. ISBN: 9781462549030

Handayani, P., Astaivada, T., Aisyah, N., Isa Anshori, M., Raya Telang, J., Telang Indah, P., Kamal, K., Bangkalan, K., & Timur, J. (2023). Transformational leadership. Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi, 1(3), 84–101. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i3.695

Hendriani, S., Sukri, A., Islam Riau, U., & Riau, U. (2023). Communication Soft skills in Empowering Human Resources Soft skill Komunikasi pada Pemberdayaan Sumberdaya Manusia. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol.4, Issue 3). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Hill, J., Kim, M., Oja, B. D., Kim, H. S., & Lee, H. W. (2023). Innovation is the key : identifying factors to increase career satisfaction and psychological well-being in millennial and generation Z sport employees. Sport, Business and Management : An International Journal. https://doi.org/10.1108/SBM-05-2023-0064

Jufrizen, J., & Lubis, A. S. P. (2020). Pengaruh Transformational leadership dan Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Pegawai dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 41–59. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4874

Ketenagakerjaan, J., & Nuraeni, Y. (2022). The Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Licensed under a Creative Commons Strategi Pengembangan Kompetensi Soft skills Tenaga Kerja di Balai Latihan Kerja (BLK). 18(2), 2023. https://doi.org/10.47198/naker.v18i2.203

Schroth, H. (2019). Are you ready for Gen Z in the workplace ? California Management Review, 61(3), 5-18. https://doi.org/10.1177/000812561984100

Suravi, S. (2024). Training and development in the hybrid workplace. In Learning Organization (Vol. 31, Issue 1, pp. 48–67). Emerald Publishing. https://doi.org/10.1108/TLO-10-2022-0119

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. ISBN: 979-8433-64-0

Verameta, A., Listiani, I., & Sijabat, R. (2021). Pengaruh Transformational Leadership dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja dengan Mediasi Kepuasan Kerja pada Aparatur Sipil Negara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Vol. 16, Issue 1). www.bkn.go.id

Waworuntu, E. C., Kainde, S. J. R., & Mandagi, D. W. (2022). Work-Life Balance, Job Satisfaction and Performance Among Millennial and Gen Z Employees : A Systematic Review. Society, 10(2), 384–398. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.464

Wijoyo et al. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. CV Pena Persada. ISBN: 978-623-6504-86-4

Diterbitkan

2025-12-03