About the Journal

Jurnal Elektro diterbitkan oleh Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNIKA Atma Jaya Jakarta. Jurnal Elektro terbuka untuk penelitian dalam bidang-bidang teknik elektro seperti Elektro, Arus Kuat, Elektronika, Sistem Kontrol atau Kendali, Telekomunikasi, Komputer, Operation Research, Information System, Human Machine Interaction, Service Quality, Algoritma, Artificial Intelligence, Internet of Things, Statistik dan berbagai sub topik yang relevan terhadap perkembangan dan implementasi teknik elektro. Editor in chief : Duma Kristina Yanti Hutapea, Ph.D

 

Frekuensi penerbitan adalah dua kali setahun, setiap April dan Oktober.  Redaksi dapat dihubungi di alamat:

Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unika Atma Jaya Jakarta
BSD City, Jl. Cisauk, Sampora, Cisauk Tangerang, Banten 15345
Tel. : +62 21 570 8826
Fax : +62 21 579 00573
Email : jurnal.elektro@atmajaya.ac.id

p-ISSN: 1979-9780  e-ISSN: 2746-4288

indexed by:

googlescholarJE GARUDAJE  
   

 

Current Issue

Vol. 16 No. 2 (2023): Vol.16 No.2 Oktober 2023: Jurnal Elektro
					View Vol. 16 No. 2 (2023): Vol.16 No.2 Oktober 2023: Jurnal Elektro

KATA PENGANTAR

Jurnal Elektro kembali hadir dan menerbitkan artikel-artikel pilihan kepada pembaca setelah sempat vakum sejak tahun 2020. Kevakuman ini terjadi dikarenakan perpindahan sistem dari OJS2 ke OJS3. Saat ini Jurnal Elektro menghadirkan 4 Edisi sekaligus  dalam 2 Volume yaitu Edisi April 2022, Edisi Oktober 2022, Edisi April 2023, Edisi Oktober 2023.

       Jurnal  Elektro Volume 16 No.2 Edisi Oktober 2023  menyajikan  kepada  pembaca artikel-artikel hasil penelitian dengan topik-topik seperti Convolutional Neural Network (CNN) dalam pendeteksian object gender, Aplikasi berbasis Android sebagai sistem pemberi makan dan minum hewan peliharaan, sistem pengendali suhu berbasis PLC, survey mengenai tes diskriminasi warna serta aplikasi berbasis Web untuk sistem koperasi.  Artikel-artikel yang  dimuat dalam edisi ini  merupakan hasil penelitian yang aktual dan dapat dijadikan  rujukan bagi pembaca yang ingin mendapatkan referensi terkait penelitian sejenis.

     Artikel  pertama berjudul  Klasifikasi Gender Berdasarkan  Gambar Menggunakan Metode Deep Learning Pada MATLAB. Artikel ini memaparkan tentang analisis kemampuan AI khususnya dalam hal mengelompokkan gender atau jenis kelamin. Metode yang digunakan dalam merancang sistem ini adalah Deep Learning dengan GoogLeNet sebagai Convolutional Neural Network yang digunakan. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh keakuratan data 61,8-100% untuk sistem tanpa training algorithm options dan 97,5-100% untuk sistem dengan training algorithm options. Dari penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa jumlah data training, preprocessing image, dan training algorithm options merupakan indikator yang penting untuk meningkatkan keakuratan prediksi.

      Artikel kedua, Sistem Pemberi Makan dan Minum Pintar Pada Hewan Peliharaan Berbasis Website dan Aplikasi Android memaparkan tentang  perancangan alat otomasi pemberi makan dan minum pada hewan peliharaan sehingga mempermudah pemelihara hewan dalam merawat kesehatan pola makan peliharaan mereka, dan supaya pemilik tidak perlu khawatir lupa memberi makan peliharaan mereka. Sistem ini menggunakan mikrokontroler ESP32,  load cell (sensor berat) dan tiga sensor ultrasonic (sensor jarak). Komponen outputnya adalah motor servo dan motor pump yang digabung supaya bekerja sama menjalankan fungsi memberi makan dan minum secara otomatis. Perangkat berjalan setelah diberi perintah melalui website atau aplikasi, sebagai tampilan interaksi bagi pemilik hewan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa setiap komponen perangkat keras dan lunak sudah bekerja sesuai dengan tujuan yang dirancangkan..

     Artikel ketiga dengan judul, Simulasi Pengendali Suhu Menggunakan Algoritma Proportional, Integral, Derivative Berbasis Programmable Logic Controller Pada Modul Plant Honeywell membahas tentang proses pemanasan pada bidang industri makanan mulai dari pengisian air hingga pemanasan air sampai suhu tertentu. Proses pengendalian suhu merupakan hal yang penting dilakukan di industri makanan agar suhu yang diinginkan tidak kurang atau tidak melebihi target suhu yang dibutuhkan saat pemasakan. Hal ini dapat diwujudkan dengan menggunakan programmable logic controller (PLC) yang dilengkapi algoritma proportional, integral, derivative (PID) untuk mengendalikan suhu air pada modul peraga Honeywell. Proses pemanasan yang berlangsung dapat pula dipantau melalui human machine interface (HMI) HCix08 yang dirancang melalui komputer dengan menggunakan software XDesigner Plus.

       Artikel selanjutnya yang ikut mewarnai edisi Jurnal Elektro kali ini berjudul Implementasi Convolutional Neural Network Pada Robot Tikus Micromouse Untuk Navigasi Labirin Dengan Pendeteksi Garis Menggunakan Raspberry Pi. Artikel ini membahas tentang penelitian yang berfokus pada pengembangan arsitektur dan prosedur pelatihan (training) yang tepat menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) untuk mengkategorikan bentuk simpang dan dengan bantuan algoritma pendeteksi garis yang membuat suatu robot tikus dapat menelusuri labirin yang dihadapi. Hasil dari penelitian ini, penggunaan CNN yang dilengkapi dengan algoritma deteksi garis menghasilkan tingkat ketelitian yang tinggi, sehingga robot tikus dapat bergerak sesuai jalur yang diberikan.

     Artikel berjudul Designing a Website-Based Cooperative Application sebagai artikel kelima membahas tentang  sistem koperasi yang dibuat menggunakan aplikasi berbasis web dengan framework Laravel serta data koperasi yang dikelola menggunakan MySQL. Perancangan aplikasi berbasis web ini akan memberi kemudahan akses jasa koperasi dan peningkatan waktu yang dibutuhkan dalam proses transaksi bagi pengguna serta meningkatkan efisiensi pengelolaan koperasi bagi pengelola koperasi. Dari penelitian ini, diharapkan proses pencatatan data pengguna dan riwayat transaksi yang masih dilakukan secara manual yaitu dengan penulisan pada buku sehingga memakan waktu yang lama dapat untuk ditinggalkan dan beralih kepada penggunaan Websited-Based aplikasi ini.

      Redaksi Jurnal Elektro berharap tulisan-tulisan yang dimuat dalam Edisi Oktober 2023 ini dapat menjadi manfaat bagi pembaca sehingga pada gilirannya akan menggiatkan, mengembangkan dan memperkaya penelitian-penelitian lain yang berkaitan.

 

Salam

Pemimpin Redaksi

 

Published: 2024-01-15
View All Issues