Apakah jenis kelamin berpengaruh terhadap jenis kecerdasan ganda?
Keywords:
jenis kelamin, kecerdasan kinestetik, kecerdasan ganda, kecerdasan musikalAbstract
Latar Belakang: Gardner membagi menjadi 8 jenis kecerdasan yang dimiliki setiap orang, yaitu kecerdasan linguistik, logika-matematika, musikal, kinestetik, visual spasial, interpersonal, intrapersonal, dan natural. Setiap individu memiliki 8 jenis kecerdasan tersebut, namun tergantung jenis mana yang paling dominan.
Tujuan: Mengetahui perbedaan jenis kecerdasan ganda berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya (FKUAJ) angkatan 2008.
Metode: Penelitian bersifat deskriptif dan menggunakan desain potong lintang dengan jumlah subjek 174 orang. Kriteria inklusi: mahasiswa angkatan 2008 dan bersedia mengikuti penelitian. Masing-masing responden diminta untuk mengisi kuesioner mengenai kecerdasan ganda yang telah disediakan peneliti.
Hasil: Sebagian besar responden berumur 21 tahun (77,0%), berjenis kelamin perempuan (60,9%), dan memiliki kecerdasan musikal (35,6%). Pada responden laki-laki memiliki kecerdasan kinestetik lebih dominan dibandingkan responden perempuan (29,4% vs 3,8%); sedangkan pada responden perempuan memiliki kecerdasan musikal lebih dominan dibandingkan responden laki-laki (39,6% vs 25,0%) (p < 0,0001).
Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan pada kecerdasan ganda yang dominan pada responden laki-laki dan perempuan.
Downloads
References
Kwartolo Y. Multiple intelligences dan implementasinya dalam taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Penabur. 2012;18:67-77.
Legg S, Hutter M. A collection of definitions of intelligence [document on the Internet]. 2007. Available from: http://arxiv.org/pdf/ 0706.3639.pdf.
Saricaoglu A, Arikan A. A study of multiple intelligences, foreign language success and some selected variables. Journal of Theory and Practice in Education. 2009;5(2):110-22.
Ramelan W. Perkembangan genetika manusia dalam hubungan dengan reproduksi. Maj Kedokt Indon. 1999;49(6):228-39.
Shahzada G, Ghazi SR, Khan HN, Iqbal S, Shabbir MN. Self-perceived multiple intelligences of male and female. Mediterranean Journal of Social Sciences. 2011;2(1):17687.
Tirri K, Nokelainen P. Identification of multiple intelligences with the multiple intelligence profiling questionnaire III. Psychology Science Quarterly. 2008;50:206-21.
Silver H, Strong R, Perini M. Integrating learning styles and multiple intelligences [document on the Internet]. ASCD. 1997;55(1):227.
Gogebakan D. How students' multiple Iitelligences differ in terms of grade level and gender [Thesis]. Ankara, Turkey: Middle East Technical University. 2003.
Szymanowicz A, Furnham A. Gender and gender role differences in self- and otherestimates of multiple intelligences. J Soc Psychol. 2013;153(4):399-423.
Nasser R, Singhal S, Abounchedid K. Gender differences on self-estimates of multiple Intelligences : a comparison between Indian and Lebanese youth. J Soc Sci. 2008;16(3):235-43.
Sulaiman T, Sulaiman S, Bahruddin K, Mohamad A. Intelligence and learning style: gender-based preference. IRSSH. 2013;5(2):28-35.
Kumojoyo A. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan majemuk siswa SD [Thesis]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.