Digital Communication in Organization for Millennial Employees: Need for Guidance from Direct Supervisors

Penulis

  • Rayini Dahesihsari Faculty of Psychology Atma Jaya Catholic University of Indonesia
  • Dorien Kartikawangi School of Communication, Faculty of Business Administration and Communication Atma Jaya Catholic University of Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25170/interact.v9i2.2239

Kata Kunci:

digital communication, direct supervisor, millennial employees, supervisor development feedback

Abstrak

Salah satu ciri generasi milenial adalah penggunaan teknologi ekstensif dalam kehidupan mereka, karena sejak lahir mereka sudah mengenal teknologi. Di dunia kerja, banyak perusahaan berupaya menyediakan sistem teknologi canggih, termasuk dalam komunikasi organisasi, untuk membuat karyawan milenial mereka lebih produktif dan loyal terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan karyawan milenial tentang bagaimana komunikasi digital bagi mereka serta kebutuhan komunikasi mereka di tempat kerja. Data penelitian diperoleh melalui dua sesi diskusi kelompok terarah dengan delapan belas karyawan milenial di salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara. Analisis tema digunakan untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang menonjol dalam diskusi kelompok terarah tersebut, berdasar pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan karyawan milenial berpandangan jumlah program aplikasi digital yang diberikan oleh perusahaan terlalu banyak, karena mereka hanya menggunakan satu hingga dua program yang dibutuhkan saja. Program lain yang disediakan hanya dimiliki untuk memenuhi kewajiban yang ditetapkan oleh manajemen tanpa pernah dimanfaatkan secara optimal. Di sisi lain karyawan milenial berpandangan mereka minim mendapatkan arahan dari atasan langsungnya. Mereka mengharapkan informasi yang tersedia secara digital dapat didiskusikan bersama dengan atasannya sehingga mereka mendapatkan arahan yang membantu mereka bekerja secara lebih efektif dan produktif. Mereka juga mengharapkan arahan dari atasannya terkait bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerja dan arah pengembangan karirnya. Hasil penelitian ini menunjukkan peran penting komunikasi dari atasan dalam mengarahkan dan memotivasi karyawannya, melengkapi media komunikasi digital yang tersedia, Bentuk dan dinamika komunikasi dengan atasan yang sesuai dengan karakteristik kedua pihak dan bisa melengkapi komunikasi digital yang ada perlu digali lebih lanjut dalam penelitian berikutnya.

Diterbitkan

2021-02-18

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 302 | PDF downloads: 267