PERAN INTERAKSIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA TARKIZ DI SEKOLAH DASAR ALQURAN KOTA BANDUNG

Penulis

  • Nofha Rina

DOI:

https://doi.org/10.25170/interact.v8i1.3992

Kata Kunci:

Guru, Interaksional, Interpersonal, Kemampuan belajar, Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Tarkiz di Sekolah Dasar Alquran Bandung. Konsep penelitian ini mengarah pada teori proses interaksional. Tipe penelitian ini bersifat deskriftif deskriptif kualitatif yaitu membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat. Penelitian ini dilaksanakan pada orang-orang yang mengalami dan mengetahui secara langsung. Subjek atau informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam serta menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tiga komponen peran interaksional guru dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Tarkiz antara lain adalah, Pertama input menunjukan bahwa guru melakukan metode diskusi. Kedua proses dalam hal ini yaitu guru memberikan metode sesi tanya jawab. Ketiga output pada komponen ini yaitu guru memberikan sebuah materi yang sesuai dengan pengetahuan siswa.

Diterbitkan

2023-01-06

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 68 | PDF downloads: 50