PEMBELAJARAN ANATOMI SISTEM SARAF MANUSIA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3 DI MUSEUM ANATOMI

Authors

  • Poppy Kristina Sasmita Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Rita Dewi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Robi Irawan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Tena Djuartina Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitramas.v1i2.4229

Keywords:

Museum Anatomi, sistem saraf, Sekolah Dasar

Abstract

Materi mengenai tubuh manusia terdapat dalam pelajaran biologi untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Dalam proses belajar, pemilihan metode yang tepat dalam menyajikan suatu materi dapat membantu siswa untuk mengetahui dan memahami tentang suatu hal. Metode pembelajaran mengenai tubuh manusia selain diberikan oleh guru di sekolah juga didapat dengan cara yang berbeda untuk menambah pengetahuan dan pengalaman siswa. Satu metode yang efektif dalam upaya peningkatan pengetahuan dan pengalaman siswa adalah dengan berkunjung ke Museum Anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIK UAJ), Jakarta.  Dalam program pengabdian masyarakat ini dilakukan kegiatan pengenalan sistem tubuh manusia dengan topik sistem saraf manusia dengan metode mendengar penjelasan disertai diskusi interaktif, aktivitas menggambar otak manusia dan melihat langsung preparat anatomi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 45 siswa dan siswi kelas 3 Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Jabr Pondok Labu, Jakarta Selatan. Hasil rerata nilai pre-test untuk kelas A adalah 5,69 dan kelas B adalah 5,72. Hasil rerata nilai post-test yang didapat untuk kelas A 7,65 dan kelas B 6,72. Berdasarkan hasil tersebut, terlihat peningkatan pengetahuan setelah beraktivitas  di Museum Anatomi. Kegiatan kunjungan ke Museum Anatomi merupakan salah satu metode pembelajaran alternatif yang berguna bagi siswa SD kelas 3 untuk mengetahui dan memahami sistem saraf manusia.

Author Biographies

  • Rita Dewi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta

    2Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya, Jakarta

  • Robi Irawan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta

    Departmen Anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya, Jakarta

  • Tena Djuartina, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta

    Departmen Anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya, Jakarta

References

Fuad, J. (2015). Gaya Belajar Kolb dan Percepatan Belajar. Dalam Seminar Psikologi & Kemanusiaan. Psychology Forum UMM. ISBN: 978-979-796-324-8.

Fu, X., Wu, X., Liu, D., Zhang, C., Xie, H., et al. (2022). Practice and Exploration of the “Student-centered” Multielement fusion teaching Mode in Human Anatomy. Surgical and Radiologic Anatomy, 44,15-23.

Helmiati. (2012). Metode Study Tour (Karya Wisata). Pada Model Pembelajaran (pp 74-75). Aswaja Pressindo. ISBN 10: 602-18667-1-1.

Omura, A. (2019). Anatomical Education Using Marine Products for Elementary School Students. Pedagogical Research, 4(4), em0045. https://doi.org/10.29333/pr/594.

Rachmah, H. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Jurnal Widya,29(319),7.

Singh, V and Kharb, P. (2013). A paradigm shift from teaching to learning gross anatomy: meta-analysis of implications for instructional methods. Journal of the Anatomical Society of India,62,1-6.

Suárez-Escudero, J.C., Psada-Jurado, M.C., Bedoya-Muñoz,L.J., et al. (2020). Teaching and Learning Anatomy. Pedagogical Methods, History, and the Present and Tendencies. Acta Med Colomb, 45(4),48-55.

Wahyuni, A., Hartana, D.D., dan Rachmadi, S.S. (2020). Metode Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1),23-27.

Downloads

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMBELAJARAN ANATOMI SISTEM SARAF MANUSIA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3 DI MUSEUM ANATOMI. (2023). Mitramas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 114-121. https://doi.org/10.25170/mitramas.v1i2.4229

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.