PEMBELAJARAN ANATOMI SISTEM SARAF MANUSIA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3 DI MUSEUM ANATOMI
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitramas.v1i2.4229Keywords:
Museum Anatomi, sistem saraf, Sekolah DasarAbstract
Materi mengenai tubuh manusia terdapat dalam pelajaran biologi untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Dalam proses belajar, pemilihan metode yang tepat dalam menyajikan suatu materi dapat membantu siswa untuk mengetahui dan memahami tentang suatu hal. Metode pembelajaran mengenai tubuh manusia selain diberikan oleh guru di sekolah juga didapat dengan cara yang berbeda untuk menambah pengetahuan dan pengalaman siswa. Satu metode yang efektif dalam upaya peningkatan pengetahuan dan pengalaman siswa adalah dengan berkunjung ke Museum Anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIK UAJ), Jakarta. Dalam program pengabdian masyarakat ini dilakukan kegiatan pengenalan sistem tubuh manusia dengan topik sistem saraf manusia dengan metode mendengar penjelasan disertai diskusi interaktif, aktivitas menggambar otak manusia dan melihat langsung preparat anatomi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 45 siswa dan siswi kelas 3 Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Jabr Pondok Labu, Jakarta Selatan. Hasil rerata nilai pre-test untuk kelas A adalah 5,69 dan kelas B adalah 5,72. Hasil rerata nilai post-test yang didapat untuk kelas A 7,65 dan kelas B 6,72. Berdasarkan hasil tersebut, terlihat peningkatan pengetahuan setelah beraktivitas di Museum Anatomi. Kegiatan kunjungan ke Museum Anatomi merupakan salah satu metode pembelajaran alternatif yang berguna bagi siswa SD kelas 3 untuk mengetahui dan memahami sistem saraf manusia.
References
Fuad, J. (2015). Gaya Belajar Kolb dan Percepatan Belajar. Dalam Seminar Psikologi & Kemanusiaan. Psychology Forum UMM. ISBN: 978-979-796-324-8.
Fu, X., Wu, X., Liu, D., Zhang, C., Xie, H., et al. (2022). Practice and Exploration of the “Student-centered” Multielement fusion teaching Mode in Human Anatomy. Surgical and Radiologic Anatomy, 44,15-23.
Helmiati. (2012). Metode Study Tour (Karya Wisata). Pada Model Pembelajaran (pp 74-75). Aswaja Pressindo. ISBN 10: 602-18667-1-1.
Omura, A. (2019). Anatomical Education Using Marine Products for Elementary School Students. Pedagogical Research, 4(4), em0045. https://doi.org/10.29333/pr/594.
Rachmah, H. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Jurnal Widya,29(319),7.
Singh, V and Kharb, P. (2013). A paradigm shift from teaching to learning gross anatomy: meta-analysis of implications for instructional methods. Journal of the Anatomical Society of India,62,1-6.
Suárez-Escudero, J.C., Psada-Jurado, M.C., Bedoya-Muñoz,L.J., et al. (2020). Teaching and Learning Anatomy. Pedagogical Methods, History, and the Present and Tendencies. Acta Med Colomb, 45(4),48-55.
Wahyuni, A., Hartana, D.D., dan Rachmadi, S.S. (2020). Metode Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1),23-27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal MitraMas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.