DISKUSI DARING DENGAN DOKTER KECIL SDN KAPUK MUARA 03 SEHATI: SEHAT TUBUH DAN MATA SAAT PANDEMI

Authors

  • Felicia Kurniawan Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Gizi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Tasia Esterita Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Gizi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Liling Pudjilestari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Gizi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitramas.v1i1.3971

Keywords:

kesehatan mata, kesehatan fisik, dokter kecil

Abstract

Dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan sekolah, pembelajaran melalui tatap muka tidak disarankan selama masa PSBB. Dengan diberlakukannya pembelajaran secara daring menimbulkan beberapa masalah seperti pola hidup sedentari dan gangguan kesehatan mata karena tingginya waktu yang dihabiskan di depan layar komputer. Melihat adanya masalah-masalah yang ditimbulkan karena pembelajaran daring, tim dokter muda dan dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan gizi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Unika Atma Jaya (FKIK-UAJ) bermaksud untuk mengadakan edukasi mengenai COVID-19, penerapan gerakan 3M yang benar, juga mengenai cara menjaga kesehatan fisik dan mata selama pembelajaran daring. Kegiatan ini diberi nama SEHATI, yang merupakan singkatan dari Sehat Tubuh dan Mata selama Pandemi. Kegiatan SEHATI dilakukan secara daring, materi yang diberikan antara lain tentang  COVID-19, mengenai menjaga kesehatan fisik dan mata selama pandemi, dan pelatihan penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Instrumen penilaian dilakukan dengan sesi kuis berhadiah pada akhir acara. Secara keseluruhan, kegiatan berlangsung dengan baik. Seluruh peserta antusias untuk berpartisipasi, dan cukup menangkap materi yang sudah disampaikan oleh tim Atma Jaya. Bukan hanya untuk peserta saja, acara ini juga menjadi bahan pembelajaran yang sangat berguna bagi tim Atma Jaya. Secara keseluruhan, kegiatan ini mendapatkan kesan baik dari peserta maupun pihak sekolah

 

References

Bhattacharya, S., Saleem, S. M., & Singh, A. (2020). Digital eye strain in the era of COVID-19 pandemic: An emerging public health threat. Indian Journal of Ophthalmology, 68(8), 1709–1710. https://doi.org/10.4103/ijo.IJO_1782_20

Digital eye strain in the era of COVID-19 pandemic: An emerging public health threat—PMC. (n.d.). Retrieved December 31, 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7640814/

Esakandari, H., Nabi-Afjadi, M., Fakkari-Afjadi, J., Farahmandian, N., Miresmaeili, S.-M., & Bahreini, E. (2020). A comprehensive review of COVID-19 characteristics. Biological Procedures Online, 22(1), 19. https://doi.org/10.1186/s12575-020-00128-2

Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. (n.d.). Retrieved December 31, 2022, from https://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-20-januari-2021

Jung, S., Shin, H. W., Gohary, A., & Chan, E. Y. (2022). Benefits and challenges of online collaborative learning from the perspectives of non-traditional event management students: A comparison between asynchronous and synchronous learning. Journal of Teaching in Travel & Tourism, 0(0), 1–21. https://doi.org/10.1080/15313220.2022.2109553

Kemenkes: Kunci Utama Pengendalian COVID-19 Adalah Perilaku Disiplin 3M – Sehat Negeriku. (n.d.). Retrieved December 31, 2022, from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20201014/4235370/kemenkes-kunci-utama-pengendalian-covid-19-adalah-perilaku-disiplin-3m/

Limone, P., & Toto, G. A. (2021). Psychological and Emotional Effects of Digital Technology on Children in COVID-19 Pandemic. Brain Sciences, 11(9), 1126. https://doi.org/10.3390/brainsci11091126

Mohan, A., Sen, P., Shah, C., Jain, E., & Jain, S. (2021). Prevalence and risk factor assessment of digital eye strain among children using online e-learning during the COVID-19 pandemic: Digital eye strain among kids (DESK study-1). Indian Journal of Ophthalmology, 69(1), 140–144. https://doi.org/10.4103/ijo.IJO_2535_20

Neville, R. D., Lakes, K. D., Hopkins, W. G., Tarantino, G., Draper, C. E., Beck, R., & Madigan, S. (2022). Global Changes in Child and Adolescent Physical Activity During the COVID-19 Pandemic: A Systematic Review and Meta-analysis. JAMA Pediatrics, 176(9), 886–894. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2022.2313

Rossi, L., Behme, N., & Breuer, C. (2021). Physical Activity of Children and Adolescents during the COVID-19 Pandemic—A Scoping Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(21), 11440. https://doi.org/10.3390/ijerph182111440

Saldanha, I. J., Petris, R., Makara, M., Channa, P., & Akpek, E. K. (2021). Impact of the COVID-19 pandemic on eye strain and dry eye symptoms. The Ocular Surface, 22, 38–46. https://doi.org/10.1016/j.jtos.2021.06.004

Sultana, A., Tasnim, S., Bhattacharya, S., Hossain, M. M., & Purohit, N. (2020). Digital screen time during COVID-19 pandemic: A public health concern. SocArXiv. https://doi.org/10.31235/osf.io/e8sg7

UKS | Usaha Kesehatan Sekolah. (n.d.). Retrieved December 31, 2022, from https://uks.kemdikbud.go.id/home

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Kurniawan, F., Esterita, T., & Pudjilestari, L. (2023). DISKUSI DARING DENGAN DOKTER KECIL SDN KAPUK MUARA 03 SEHATI: SEHAT TUBUH DAN MATA SAAT PANDEMI. Mitramas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.25170/mitramas.v1i1.3971

Issue

Section

Articles
Abstract views: 80 | PDF downloads: 79