Analisis Hubungan Budaya Perusahaan, kualitas Layanan dan Citra Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.25170/metris.v22i01.2666Keywords:
Budaya Perusahaan, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, PT.XYZ Indonesia, Public RelationsAbstract
Komentar negatif yang dilontarkan pelanggan di media sosial mencerminkan bahwa masih terdapat kekurangan pada kualitas layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan. Hal ini tentunya dapat berdampak pada citra perusahaan, perusahaan dimaksud adalah PT.XYZ Indonesia. Banyak keluhan yang disampaikan oleh pelanggan PT.XYZ Indonesia melalui sosial media twitter dan Instagram. Kondisi ini menunjukkan bahwa, nilai perusahaan PT.XYZ belum diimplementasikan oleh karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah budaya perusahaan mempengaruhi kualitas layanan, serta untuk membuktikan bahwa budaya perusahaan dan kualitas layanan berpengaruh terhadap citra PT. XYZ Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. XYZ Indonesia dengan populasi sebanyak 2.200 orang, jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang yang dipilih dengan metode purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Kemudian, data yang terkumpul diolah menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa budaya perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan, serta budaya perusahaan dan penerapan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan. Melalui penelitian ini, diharapkan agar koordiasi antar karyawan perusahaan dapat dilakukan lebih baik, Karyawan dapat lebih cermat dalam bekerja, serta lebih mengutamakan pelanggan