Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Sampah dan Pemanasan Global
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Keterampilan Memecahkan MasalahAbstrak
Standar Kompetensi Guru Kelas SD (SKGK), menyatakan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bidang studi yang mendukung pembelajaran di SD. Pada bidang studi IPA, sebagai calon guru SD, mahasiswa harus mampu memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah. Berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung, nampak bahwa mahasiswa belum terbiasa untuk memecahkan masalah secara ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based leaning) agar dosen dapat menerapkan strategi pembelajaran ini dengan benar dan tepat sehingga keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah melalui penerapan problem based learning pada mata kuliah praktek lapangan MIPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa PGSD berjumlah 31 orang yang terdiri dari angkatan 2007 dan 2008 dan dosen pengampu mata kuliah praktek lapangan MIPA. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu pada siklus I, keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah memiliki nilai rerata 63 sedangkan pada siklus II, nilai rerata yang diperoleh adalah 77,96. Maka terdapat peningkatan dalam hal keterampilan mahasiswa memecahkan masalah yaitu sebesar 14,96.
Referensi
Arends, Richards I. (terj.Soetjipto). (2008). Learning to Teach belajar untuk mengajar (Ed.7). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Barret, Terry. (2005). Understanding Problem Based Learning. Artikel diambil dari internet pada tanggal 31 Januari 2011, dari http://www.aishe.org/readings/2005-2/chapter2.pdf
Evenson, Dorothy H dan Hmelo, Cindy E. (2000). Problem Based Learning: A Research Perspective on Learning Interactions. Lawrence Erlbaum Associates, Inc: NJ.
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar- Mengajar. (Cet.4). Jakarta: Grasindo. Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Macdonald, Ranald dan Savin-Baden, Maggi. (2004). A Briefing on Assessment in Problem Based Learning. LTSN Generic Centre: Heslington York.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.