EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK GAMES UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA

Penulis

  • Nurul Fauziana Universitas Jabal Ghafur
  • Teuku Fadhli Universitas Jabal Ghafur
  • Zamratul Aini Universitas Jabal Ghafur

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i1.3416

Kata Kunci:

Bimbingan Kelompok, Teknik Games, Kejenuhan Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Simpang Tiga berdasarkan dari hasil observasi pra-penelitian menemukan banyak siswa  kurang memperhatikan pelajaran, kehilangan konsentrasi, bahkan para siswa melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pelajaran seperti mengobrol, menggambar, ataupun melamun. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Games untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Tiga. Penelitian termasuk penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II1 SMA Negeri 1 Simpang Tiga yang berjumlah 70 orang siswa, metode pengambilan menggunakan simple random sampling dengan total jumlah sampel keseluruhan 14 siswa yang dibagi dalam kelompok ekperimen dan kontrol . Instrumen yang digunakan adalah model skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai asymp sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0,001 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan kelompok eksperimen (30,29) lebih kecil dari nilai rata-rata kelompok kontrol (65,29), hal ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik games efektiv untuk menurunkan kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Tiga.

Referensi

Anwar Sutoyo. (2014). Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahrer-Kohler, S. (2012. Bornout for expert: prevention in the context of living and working. London. Springer Science & Business Media.
Bennet, M. E. (1963). Guidance and counseling in groups. USA: Mc Graw-Hill Book Company, Inc.
Cornelius, Trihendradi. (2009). Step by Step SPSS 16 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hakim, T. (2004). Belajar secara efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.
Hartinah Siti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama
Monks, F. J. dkk. (2014). Psikologi perkembangan, pengantar dalam berbagai bagiannya cetakan ketujuh belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Muna, N.R. (2013). Efektifitas teknik self regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa di sma insan cindekia sekarkemuning cirebon. Jurnal Holistik Vol 14 No. 02.
Nisak, R. (2013). Lebih dari 50 game kreatif untuk aktivitas belajar-mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.
Prayitno dan Amti Erman. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Romlah,, T. (2011). Teori dan praktek bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin, (2003). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan . Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumantri, Mohammad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran Teori & Praktik di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Suwarjo & Eliasa, E. I. (2013). 55 permainan dalam bimbingan dan konseling cetakan keenam. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling, Di sekolah Dan Madrasah. Jakarta: Rajawali.
Winarsunu, Tulus. (2008). Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Penelitian. Malang: UMM Press.
Winkel, W.S & Hastuti, S. (2004). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan; edisi revisi 1. Jakarta: Media Abadi.

Diterbitkan

2022-05-31

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama