KEBIASAAN BELAJAR DUA SISWA DARI KELUARGA MARGINAL DI MTS. AL-MAKMUR
Abstract
Kebiasaan belajar diartikan sebagai cara atau teknik yang menetap pada diri siswa pada waktu menerima pelajaran, membaca buku, mengerjakan tugas, dan pengaturan waktu untuk menyelesaikan kegiatan. Tujuan penelitian ini untuk menelaah kebiasaan belajar dua siswa dari keluarga marginal di MTs. Al-Makmur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian kebiasaan belajar subjek RG memiliki kebiasaan belajar yang baik. Kebiasaan belajar RG pada ketepatan waktu penyelesaian tugas akademis, menghindarkan diri dari penundaan penyelesaian tugas, menghilangkan stimulus yang mengganggu konsentrasi belajar, penggunaan cara belajar yang efektif dan efisien dalam mengerjakan tugas akademik dan keterampilan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek LG belum memiliki kebiasaan belajar yang baik. Kebiasaan belajar tidak teratur, daya tahan belajar rendah, belajar ketika menjelang ulangan atau ujian, tidak memiliki catatan pelajaran yang lengkap, tidak terbiasa membuat ringkasan, tidak memiliki motivasi untuk memperkaya materi pelajaran, senang menjiplak pekerjaan teman dan kurang percaya diri, dan sering datang terlambat. Saran kepada guru agar memberikan bimbingan individual dan kelompok secara berkesinambungan. Hal tersebut guna memperbaiki kebiasaan belajar siswa yang belum teratur.Kata kunci : kebiasaan belajarPublished
2016-10-01
Issue
Section
Articles