GAMBARAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA SMP BUNDA HATI KUDUS GROGOL TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i2.3419Kata Kunci:
regulasi diri, pembelajaran jarak jauhAbstrak
Regulasi diri dalam belajar merupakan kemampuan individu untuk mengelola diri dalam belajar secara mandiri, meliputi metakognisi, motivasional, strategi kognitif, dan kelola sumber daya untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran regulasi diri belajar siswa kelas IX SMP Bunda Hati Kudus Grogol selama pembelajaran jarak jauh melalui daring tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala penilaian dan wawancara. Penelitian ini menggunakan uji coba instrumen penelitian dan data penelitian. Analisis data diolah menggunakan analisis deskriptif dengan distribusi skor rata-rata tiap komponen. Analisis uji coba instrumen r tabel yaitu 0,312 (n 40), dengan pernyataan 60 butir. Putaran pertama permyataan tidak valid 2 butir (34 dan 56). Putaran kedua pernyataan 58 butir diperoleh reliabilitas 0,971 dan pernyataan tidak valid 0. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebanyak 63 siswa dengan persentase 58,3% berada pada kategori regulasi diri dalam belajar yang sedang.
Referensi
Azmi, S. (2016). Self Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar. In Jurnal Seminar Asean, Psychology dan Humanty.
Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 52-60.
Dami, Z. A., & Parikaes, P. (2018). Regulasi Diri Dalam Belajar Sebagai Konsekuen. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 82-95.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dian Ihsan. (2020, September 15). Curhat Guru, Siswa, Mahasiswa, dan Orangtua Soal Pembelajaran Daring. Diakses dari https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/15/095539371/ini-curhat (diakses pada 6 Agustus 2021).
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.
Farah, M., Suharsono, Y., & Prasetyaningrum, S. (2019). Konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 171-183.
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi diri (pengaturan diri) sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 36-43
Ghufron, M. N. & Risnawita, S. (2010). Teori-teori psikologi. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, O. (2000). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan PJJ Dimasa COVID-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 98-106.
Hasanah, U., Maria, S., & Lutfianawati, D. (2019). Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 1(1).
Komalasari, G., Wahyuni, E., Karsih. (2016). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta : Indeks.
Kristiyani, T. (2020). Self-Regulated Learning: Konsep, Implikasi dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.
Kusaeri, K., & Mulhamah, U. N. (2016). Kemampuan regulasi diri siswa dan dampaknya terhadap prestasi belajar matematika. Universitas Islam Negri Sunan Ampel Sruabaya, 1(1), 31-42.
Mendikbud. (2020). Pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat COVID-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah (diakses pada tanggal 6 Agustus 2021).
Muhibbin, S. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: Rosdam Karya.
Mu'min, S. A. (2016). Regulasi diri dalam belajar mahasiswa yang bekerja. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 1-20.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS. Research and Development Journal of Education, 7(1), 136-145 Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.
Rosyid, M. Z., Mustajab., Abdullah, A. R. (2019). Prestasi belajar. Batu: Literasi Nusantara.
Sandyagraha, I. D. N. G., Dantes, N., & Widiartini, N. K. (2014). Pengaruh Penerapan Model Self Regulated Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Prestasi Belajar Pkn Dengan Kovariabel Self-Efficacy Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Santrock, J.W. (2010). Psikologi Pendidikan. Edisi kedua. Diterjemahkan oleh Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.
Selfie Miftahul Jannah. (2020, maret 20). Segudang Masalah Belajar Dari Rumah Karena Corona COVID – 19. Diakses dari https://tirto.id/segudang-masalah-belajar-dari-rumah-karena-corona-covid-19-eGqQ (diakses pada tanggal 6 Agustus 2021).
Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.
Sudarnoto, L. F. N. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta.
Susanto, H. (2006). Mengembangkan Kemampuan Self-Regulation Untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 7(5), 64-71
Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4), 481-492.