PENGARUH PEMAPARAN MATERI DAN TUR KOLEKSI MUSEUM ANATOMI FKIK UNIKA ATMA JAYA TERHADAP PENGETAHUAN SISTEM TUBUH PADA MURID SEKOLAH DASAR (SD)

Authors

  • Nadine Lefina Panggabean Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Tena Djuartina Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Rita Dewi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Erfen Gustiawan Suwangto Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Yulia Tanti Narwati Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • Robi Irawan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitramas.v3i2.6311

Keywords:

Museum Anatomi, Media Pembelajaran, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Museum merupakan institusi nirlaba yang tidak hanya berperan dalam edukasi dan penelitian, tetapi juga sebagai sarana penyebaran informasi. Museum Anatomi FKIK Unika Atma Jaya memfasilitasi pembelajaran sains, khususnya biologi dan anatomi. Penelitian ini merupakan studi eksperimental yang melibatkan siswa SD yang mengunjungi museum. Kuesioner diberikan sebelum dan sesudah pemaparan materi audiovisual serta tur koleksi sistem organ tubuh oleh staf Departemen Anatomi. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengevaluasi efektivitas museum sebagai media pembelajaran dan dampaknya terhadap peningkatan pengetahuan siswa. Hasilnya, 121 siswa menunjukkan peningkatan skor post-test dengan distribusi jawaban benar yang lebih bervariasi. Uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan bermakna (p<0,05) pada beberapa topik, seperti embriologi, perbedaan jenis kelamin, dan fungsi ginjal dalam sistem urin. Namun, peningkatan pada topik lain seperti sistem tubuh dan fungsi jantung tidak signifikan secara statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa pemaparan museum secara interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada topik-topik tertentu, meskipun tidak berlaku untuk seluruh materi

References

Alwadaeen, N. B., & Piller, B. (2022). Enhancing self-directed learning readiness at elementary level: A study from American schools. Journal of Curriculum and Teaching, 11(4), 24–38.

Bungati, L. (2024). Improving learning achievement in elementary schools through an active learning approach. Journal of Education Review Provision, 4(1), 1–5.

Cardak, O. (2015). Student science teachers’ ideas of the digestive system. Journal of Education and Training Studies, 3(5), 127–133. https://doi.org/10.11114/jets.v3i5.983

Folga-Januszewska, D. (2020). History of the museum concept and contemporary challenges: Introduction into the debate on the new ICOM museum definition. Muzealnictwo, 61.

Jeong, J. H., & Kim, Y. (2012). Analysis of elementary school students’ understanding for human body through drawing of the human organism. Journal of The Korean Association for Science Education, 32(9), 1417–1426. https://doi.org/10.14697/jkase.2012.32.9.1417

Karyono, K. (2010). Pemanfaatan museum sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi prasejarah bagi guru-guru SMA Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 14(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/abdimas/article/view/16

Kayaalp, F., Namlı, Z. B., & Meral, E. (2024). My museum: A study of pre-service social studies teachers’ experience in designing virtual museums. Educational Information Technology. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12742-8

Kerimbayev N, Umirzakova Z, Shadiev R, Jotsov V. A student-centered approach using modern technologies in distance learning: a systematic review of the literature. Smart Learn Environ. 2023 Nov 15;10(1):61.

Maryani, I., Husna, N. N., Wangid, M. N., Mustadi, A., & Vahechart, R. (2018). Learning difficulties of the 5th-grade elementary school students in learning human and animal body organs. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 96–105. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12828

Ortug, G., Midi, A., Elbizim, D. S., Karaot, H., Yılık, E., & Uluışık, I. E. (2021). Introducing children to anatomy: “Getting to know our bodies: The first step toward becoming a scientist.” Anatomical Sciences Education, 14(2), 232–240. https://doi.org/10.1002/ase.2067

Pakpahan, F. H., & Saragih, M. (2022). Theory of cognitive development by Jean Piaget. Journal of Applied Linguistics, 2(1), 55–60.

Rohmah, N. N. S., Wilandari, M. D., & Darsinah, D. (2022). Teori perkembangan Jean Piaget dan implikasinya dalam perkembangan anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 230–239.

Sasmita PK, Dewi R, Irawan R, Djuartina T. Pembelajaran Anatomi Sistem Saraf Manusia Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 di Museum Anatomi. Mitramas: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 2023 Aug 2;1(2):114–21.

Sormin, Y., Haifarashin, R., & Arifin, M. H. (2022, July 7). Pengaruh kegiatan study tour pada pemahaman siswa sekolah dasar mengenai pembelajaran IPS. Maharot: Journal of Islamic Education, 6(1).

Stougaard, B., Óskarsdóttir, G., Fleischer, A., Jeronen, E., Lützen, F., & Kråkenes, R. (2011). Children’s ideas about the human body: A Nordic case study. NorDiNa, 7(2), 179–189. https://doi.org/10.5617/nordina.252

Tang, K. H. D. (2023). Student-centered approach in teaching and learning: What does it really mean? Acta Pedagogia Asiana, 2(2), 72–83.

Yudhawasthi, C. M. (2022). Museum as a health and wellbeing facilitator in the pandemic era: A perspective from museum communication. Scriptura, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.1-12

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PEMAPARAN MATERI DAN TUR KOLEKSI MUSEUM ANATOMI FKIK UNIKA ATMA JAYA TERHADAP PENGETAHUAN SISTEM TUBUH PADA MURID SEKOLAH DASAR (SD). (2025). Mitramas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 122-131. https://doi.org/10.25170/mitramas.v3i2.6311

Similar Articles

11-20 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)