HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA RANTAU YANG BERDOMISILI DI DORMITORY UNIKA ATMA JAYA

Penulis

  • Anandita Christanti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Caroline Lisa Setia Wati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i2.4947

Kata Kunci:

dukungan sosial , penyesuaian diri

Abstrak

Dukungan sosial adalah tindakan nyata berupa bantuan yang diterima individu dari orang lain yang menjadikan individu merasa dicintai, diperhatikan, dipedulikan, berharga, dihormati, serta dianggap sebagai bagian dari kelompok yang terdiri dari aspek dukungan emosi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan jaringan sosial. Penyesuaian diri adalah usaha individu untuk menyelaraskan dirinya dengan lingkungannya agar tercipta kebahagiaan tanpa ada tekanan yang dirasakan oleh individu yang terdiri dari aspek kematangan emosional, kematangan intelektual, kematangan sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan mengetahui tingkat dukungan sosial dan tingkat penyesuaian diri mahasiswa rantau yang berdomisili di dormitory Unika Atma Jaya, serta untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri mahasiswa rantau yang berdomisili di dormitory Unika Atma Jaya. Jumlah subjek penelitian berjumlah 81 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2020, 2021, dan 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Instrumen dukungan sosial terdiri dari 60 pernyataan, 52 diantaranya dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,935. Instrumen penyesuaian diri terdiri dari 96 pernyataan, 87 diantaranya dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,970. Hasil analisis korelasi antara variabel dukungan sosial dan variabel penyesuaian diri menghasilkan korelasi sebesar 0,693 dengan p value <0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil korelasi, dapat disimpulkan adanya korelasi yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri mahasiswa rantau yang berdomisili di dormitory Unika Atma Jaya. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh, semakin tinggi penyesuaian diri mahasiswa dormitory Unika Atma Jaya, begitupun sebaliknya. Dukungan sosial memberikan sumbangan sebesar 48% terhadap penyesuaian diri. Pamong dormitory Unika Atma Jaya disarankan mengadakan kegiatan interaktif antara mahasiswa dan pamong, serta sesama mahasiswa, untuk meningkatkan dukungan emosional dan kematangan sosial. Mahasiswa disarankan saling memberikan dukungan sosial kepada sesama untuk membantu meningkatkan penyesuaian diri.

Referensi

Agustina, E. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kepercayaan Diri Dewasa Muda Pengguna Napza pada Masa Rehabilitasi (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diunduh dari http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7177.

Aisyah, S. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Remaja Bertempat Tinggal di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Malang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Diunduh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/32175.

Al Rasyid, H., & Chusairi, A. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Universitas Airlangga. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(2), 1306-1312. https://e-journal.unair.ac.id/index.php/BRPKM.

Febiana, C., & Purwanto, H. (2019). Pengaruh Tata Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Administrasi Umum Rumah Sakit Paru Dr. HA Rotinsulu Bandung. Infokes (Informasi Kesehatan), 3(1), 30-41. https://journal.piksi.ac.id/index.php/INFOKES/article/view/51/28.

Handayani, P. G., & Yuca, V. (2018). Fenomena Culture Shock pada Mahasiswa Perantauan Tingkat 1 Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3),198-204. https://doi.org/10.29210/129000.

Islamy, R. M. (2018). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Sosial pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 3 Bandar Lampung (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diunduh dari http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4970.

Kompas. (2022). 10 Perguruan Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023. Diunduh dari https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/kompas com/10-perguruan-tinggi-swasta-terbaik-di-indonesia-versi-qs-aur-2023.html (diakses pada tanggal 4 Februari 2023).

Kristina. (2022). Indonesia Punya Ribuan Perguruan Tinggi, Wilayah Mana Terbanyak? Diunduh dari https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6192489/indonesia-punya-ribuan-perguruan-tinggi-wilayah-mana-terbanyak (diakses pada tanggal 5 Maret 2023).

Kumparan. (2023). Bukan Hanya Kejar Ranking, ini Strategi LPTNU Kembangkan Kampus. Diunduh dari https://kumparan.com/komunitas-sevima/bukan-hanya-kejar-ranking-ini-strategi-lptnu-kembangkan-kampus-1zhS4jZMwcQ/full (diakses pada tanggal 4 Februari 2023).

Latifah, P. (2019). Hubungan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X di MAN 2 Payakumbuh (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi). Diunduh dari http://e-campus.iainbukittinggi.ac.id/ecampus/AmbilLampiran?ref=92039&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain.

Monazah, S. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Kota Medan (Skripsi, Universitas Medan Area). Diunduh dari https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/12229/1/158600085%20-%20Syahlia %20Monazah%20-%20Fulltext.pdf.

Nada, S. Q. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri pada Santri Baru Pondok Pesantren Roudhotul Muta’allimat 3 Jabon Sidoarjo (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Isbrahim). Diunduh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42333.

Nurfitriana, P. (2016). Penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/48450/22/Naskah%20Publikasi.pdf.

Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26-33. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i1.284.

Putri, H. J. S., Rakhmawati, D., & Maulia, D. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Kelas X SMA Lab School PGRI Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4484-4488. https://journal.universitaspah lawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6179.

Rima, H. (2021). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Perantau (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diunduh dari http://repository.raden intan.ac.id/id/eprint/15917.

Rovika, H. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri dalam Menjalankan Metode Pembelajaran Daring/Online di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh Asal Simeulue (Skripsi, Universitas Islam Negeri AR-RANIRY). Diunduh dari https:// repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16015.

Rufaida, H., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Rantau dari Sumatera di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(3), 217-222. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/19751.

Semiun, Y. (2010). Kesehatan Mental 1 Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-Teori yang Terkait. Yogyakarta: Kanisius.

Siregar, A. O. A., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara Gegar Budaya dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Bersuku Minang di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(2), 474-490. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21668.

Widihapsari, I. A. G. K., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Peran Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Universitas Udayana yang Berasal dari Luar Pulau Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 48-62. https://doi.org/10.24843/JPU.2018.v05.i01.p05.

Widyasri, N. I., & Heng, P. H. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Tingkat Pertama (Studi Pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(2). https://doi.org/10.47435/mimbar.v7i1.773.

Wulandari, A. S., Kamayani, M. O. A., & Devi, N. L. P. S. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dengan Stress saat Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Kedokteran. Coping: Community of Publishing in Nursing, 9(6), 691-699. https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i06.p08.

Yeni, R. F., Eliza, E., & Afnibar, A. (2018). Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Imam Bonjol Padang. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 53-63. Diunduh dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/download/135/89.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31 — Diperbaharui pada 2023-12-01

Versi

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 206 | PDF downloads: 241