PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SD KARTIKA X-5

Penulis

  • Clara Ika Sari Budhayanti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Clara Athena Angelica Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Ruth Evlin Siahaan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Maria Grassya br Situmorang Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v22i2.6130

Kata Kunci:

TIK, pembelajaran berbasis TIK

Abstrak

Integrasi teknologi pada berbagai aspek dalam pendidikan sudah menjadi hal wajib termasuk dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Meskipun telah melakukan berbagai upaya untuk mengintegrasikan TIK dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran, banyak faktor yang masih perlu diatasi agar teknologi dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan TIK yang dilakukan oleh guru-guru di SD Kartika X-5. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskrtiptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara yang hasilnya dianalisis menggunakan model interaktif Saldana, Miles & Huberman (2014) yang terbagi dalam tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Kartika X-5 telah memanfaatkan TIK dalam pembelajaran yang hampir menyeluruh di semua aspek. Pemanfaatan ini didukung dengan sarana prasarana yang cukup memadai seperti komputer, proyektor, speaker dan jaringan internet yang dapat diakses dan digunakan oleh guru. Pada aspek ini, ketersediaan komputer masih dirasa kurang karena pada saat pelaksanaan ANBK, beberapa siswa harus meminjam laptop guru untuk mengikuti ANBK. Pemanfaatan TIK di sekolah ini cukup baik karena guru dan siswa memiliki keterampilan yang cukup untuk menggunakan atau mengoperasikan perangkat TIK dengan berbagai aplikasi. Guru selalu menggunakan TIK dalam pelaksanaan administrasi dan proses pembelajaran. Pada pelaksanaan administrasi, guru menggunakan Microsoft Word dan Excel serta ruang penyimpanan dokumen baik secara luring (flashdisk) maupun daring (gdrive). Guru juga memanfaatkan TIK dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan Microsoft Power Point, Canva, dan Quizziz. Penggunaan media berbasis TIK ini meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena media ini menuntut keterlibatan aktif dari siswa. 

Referensi

Amalia, K. N., & Halim, U. (2022). Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(1), 37-48.

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 150-157. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467

Anidhea, N. O. & Sulaiman, P. K. A. (2024). Systematic Literature Review (SLR): Efektivitas penggunaan media quizizz terhadap hasil belajar siswa SMP pada pembelajaran IPA. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Ditelusur dari https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1100

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Aditiyarahman, W.D., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L.D. (2022). Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, 7(1), 24-36.

Baharudin, R. (2010). Keefektifan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Tadrîs, 5(1), 112–127

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Fazah, M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Guru Kelas dengan Orang Tua Wali Siswa Kelas 1, 2, 3 MI Ma’arif Sendang Kulon Progo Tahun Pelajaran 2017/-2018. Tesis. Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Garcia, R., & Gonzalez, M. (2020). Enhancing Student Engagement and Learning Interest with Quizizz in an Online Learning Environment. Journal of Educational Technology, 15(3).

Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786

Ikhsan, A. N., Suhaman, J., & Hidayat, M. (2020). Pelatihan penggunaan google drive sebagai media penyimpanan dan berbagi bahan ajar bagi guru SMP Negeri 3 Kalimanah. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 256. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2906

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1).

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.

Jusmaniar, W. O. N. A., Genggong, M. S., & Kamil, S. U. R. (2022). Penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran (Studi Khalayak Mahasiswa Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Fisip Universitas Halu Oleo). Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi. 2(1). http://dx.doi.org/10.52423/jlpi.v2i1.24109

Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Journal of Human Social Science Research, 14(5)

Lutfiana & Muzzaki, M.A. (2023). Pemanfaatan TIK dalam membantu guru mengintegrasikan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4).

Maruti, E. S., & Kusumawati, N. (2018). Proses Pengembangan Asesmen Alternatif Berupa Penilaian Produk Pada Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Jawa di SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2).

Muhtadi, A. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan FIP UNY.

Munazar, T. H., & Qomarudin, A. (2021). Pengembangan Teknik Dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 34-59.

Naser, R. M. (2022). Meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab siswa melalui media audio visual dalam manajemen Pendidikan Islam tinjauan (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(8), 466-480.

Nasution, H.A. & Nasution, F.A. (2020). Pengembangan Teknik Dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 106-116.

Pangesti, C. R. N., & Sufanti, M. (2020). Assesmen Pembelajaran Daring Teks Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Covid-19. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(2).

Rahman, A. (2018). Desain Model dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128-143. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.743

Rahman, M., Nursyabilah, I., Syam, M. I., Mukramin, S., Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Journal on Education, 5(3), 10646-10653.

Ressa, T. W. (2021). The COVID-19 Pandemic, its Consequences, and the Recovery: Implementation of Disaster Education and Management is Key to the Schooling of Children with Disabilities. International Journal of Modern Education Studies, 5(1), 22-48. https://dergipark.org.tr/en/pub/ijonmes/issue/67828/1052052

Reza, N. F., Nurlaili, A., & Suryana, S. (2021). Pemanfaatan Media Internet Dalam Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Linggarsari 1 Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 204–211.

Rohmah, O. T., Julia, J., Syahid, A. A. (2023). Partisipasi Peserta Didik SD dalam Proses Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Blended Learning. Jurnal Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(1), 208-219.

Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saldana, Miles & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications

Santoso, M. M., Reziana, B., Yusuf, M., Irawan, D., Asyari, M. (2023). Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Penilaian Kognitif pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2920–2927.

Siregar, N. M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapps sebagai Media Pembelajaran Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. Jurnal Hikmah, 17(1), 151-166

Suharti, S., Nur, F., & Khusnah, N. (2021). Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Online. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3 724

Tsai & Hsieh. (2021). Exploring the Impact of Quizizz on Students’ Learning Engagement and Motivation in a College-level English as a Foreign Language Classroom. Computers & Education, 166, 104163.

UNESCO. (2009). Guide To Measuring Information and Communication Technologies (ICT) in Education. Montreal: UNESCO Institute for Statistics.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 35 | PDF downloads: 17

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama