PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE PADA PERKULIAHAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Clara Ika Sari Budhayanti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4439

Kata Kunci:

Learning Management System, Moodle, Pembelajaran Daring

Abstrak

Perkuliahan atau pembelajaran secara online atau daring merupakan solusi satu-satunya di masa pandemic Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring ini membutuhkan sistem telekomunikasi yang interaktif untuk memastikan proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien. Salah satu sistem telekomunikasi yang dikembangkan dalam rangka pembelajaran darin ini adalah Learning Management System (LMS) Moodle. Moodle dapat menjadi rekomendasi aplikasi teknologi untuk menunjang pembelajaran daring yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan LMS Moodle dalam perkuliahan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dianalisis dengan cara dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LMS Moodle harus dirancang secara sistematis dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Modul pembelajaran yang dibuat menggunakan LMS Moodle dapat disajikan dengan berbagai konsep penyajian sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan LMS Moodle dalam perkuliahan dapat membantu mahasiswa meningkatkan aktivitas belajar baik secara mandiri maupun terbimbing. Oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan LMS Moodle dalam perkuliahan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa yang ditunjukkan dengan aktivitas belajar di Moodle.

Referensi

Alimuddin, Rahamma, T., Nadjib, M. (2015). Intensitas penggunaan e-learning dalam menunjang pembelajaran maha peserta didik Program Sarjana (S1) di Universitas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4), 387-398.

Amer, M. E. M. (2020). The iImpact of distance education on learning outcome in computer skills course in Prince Sattam bin Abdulaziz University: An experimental study. Journal of Curriculum and Teaching, 9(4), 1–9.

Dewi, I., Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik PAUD di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051-1059.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N. (2021). E-learning berbasis Moodle sebagai media pembelajaran matematika ditinjau dari pemahaman mahasiswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 543-1550.

Firman, F., Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Fitria, N., Karmila, J., Nurchurifiani, E. (2020). Pelatihan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi Google Classroom untuk guru-guru Ekonomi Akuntansi di SMK Yadika Natar Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 5(2), 12-18.

He, Wu; Xu, Guandong; Kruck, S. E. (2014). "Online IS Education for the 21st Century," Journal of Information Systems Education. 25(2). 101-106.

Ihsan, D. (2020). Varian omicron naik, perguruan tinggi harus kembali kuliah online. Jakarta: Kompas tersedia di https://www.kompas.com /edu/read/2022/02/16/204432471/varian-omicron-naik-perguruan-tinggi-harus-kembali-kuliah-online?msclk id=865664e4b95111ecb31a168d7db9fcc1.

Kresnha, P.E., Susilowati, E., Ambo, S.N. (2019). Analisis efektifitas kuliah berbasis online untuk meningkatkan kemajuan belajar mahasiswa di Jurusan Informatika Universitas Muhammadiyah Jakarta. Yogyakarta: Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (KNASTIK 2016).

Kusniyah, Hakim, L. (2019). Efektifitas pembelajaran berbasis daring: Sebuah bukti pada pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 19-33.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogjakarta: DIVA Press.

Rahmawati, R., Putri, E. M. I. (2020). Learning from home dalam perspektif persepsi mahasiswa era pandemi COVID-19. dalam Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, Vol. 1. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/3.

Rizal, S., Walidain, B. (2019). Pembuatan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle pada matakuliah pengantar aplikasi komputer Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178–192.

Salsabila, U.H., Sari, L.I., Lathif, K.H., Lestari, A.P., Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2). 188-198.

Selwyn, N. (2011). Education and technology key issues and debates. India: Replika Press Pvt Ltd.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Utami, I. (2016). Implementasi e-learning menggunakan LMS Moodle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 169–178.

Utomo, D.W., Kurniawan, D., Sani, R.R., Astuti, Y.P. (2021). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai pendukung pembelajaran online di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. Jurnal Abdimasku, 4(2), 1-6.

Diterbitkan

2023-05-31

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 77 | PDF downloads: 137

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama