HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENYESUAIAN AKADEMIK MAHASISWA ANGKATAN 2019 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS PENDIDIKAN DAN BAHASA UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA

Authors

  • Chatarina Chintya Dwianti Atma Jaya Catholic University of Indonesia
  • Yoseph Pedhu Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Keywords:

kecerdasan emosi, penyesuaian akademik

Abstract

Kecerdasan emosi adalah kemampuan individu untuk merasakan, memahami dan mengelola perasaan sehingga dapat menggunakannya untuk memandu pikiran dan tindakan. Penyesuaian akademik adalah proses yang dialami oleh seseorang dalam memenuhi tuntutan dan persyaratan akademis secara bermanfaat dan memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosi, penyesuaian akademik dan hubungan antara keduanya pada mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Bimbingan dan Konseling di UNIKA Atma Jaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Bimbingan dan Konseling memiliki kecerdasan emosi dan penyesuaian akademik yang tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian akademik yang menggambarkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi, maka semakin baik pula penyesuaian akademik mahasiswa. Variabel kecerdasan emosi memberikan sumbangan sebesar 18% terhadap penyesuaian akademik. 

References

Aida, W., Rohmah, R. A., & Prayogi, R. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap keterampilan sosial mahasiswa. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 76-84.
Cahyani, N. L. P. A. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional, motivasi, dan pelatihan terhadap kinerja aparatur Sipil Negara di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Politico, 6 (1).
Choeriyah, R. N. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap penyesuaian akademik siswa Pondok Pesantren Wathoniyah Islamiyah Kebumen. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5 (5), 369-381.
Dewi, L. P. (2019). Peran dukungan sosial ustadzah dan kematangan emosi terhadap penyesuaian akademik santriwati. Diunduh dari https://core. ac.uk/download/pdf/227201506.pdf
Goleman, D. (1999). Working with emotional inteligence. (Alex Tri Kantjono Widodo, Penerjemah). Jakarta: PT Gramedia.
Hartina, H., & Mudjiran, M. (2019). Pengaruh self-eficacy terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa tingkat pertama jurusan psikologi. Jurnal Riset Psikologi, 2019 (1).
Henrietta, P. (2012). Impulsive buying pada dewasa awal di yogyakarta. Jurnal Psikologi, 11(2), 6.
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 2(1), 73-80.
Ifham, A., & Helmi, A. F. (2002). Hubungan kecerdasan emosi dengan kewirausahaan pada mahasiswa. Jurnal psikologi, 29(2), 89-111.
Jaya, M. K., Mulyadi, D., & Sulaeman, E. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan pada kantor kementerian agama Kabupaten Karawang. Jurnal manajemen, 10(1), 1038-1046.
Lailul, M. R. I. Z. A. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01).
Nggermanto, A. (2001). Quantum quotient (Kecerdasan Emosi). Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63.
Prasetiyo, A., & Andriani, I. (2011). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan subjective well being pada mahasiswa tingkat pertama. Diunduh dari http://www.academia.edu/ download/30336243/hubungan_antara_kecerdasan_emosi_dengan_subjective_well_being_pada_mahasiswa_tingkat_pertama.pdf
Riyani, Y. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Diunduh dari http://www.repository.polnep.ac.id/xmlui/handle/123456789/354
Rosida, V. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii2 smp negeri 1 makassar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2). Diunduh dari https://ojs.unm.ac.id/ sainsmat/article/view/1836
Sakinah, U. (2017). Identifikasi faktor-faktor penyesuaian akademik pada mahasiswa tahun pertama pendidikan tata boga UNIMED. Diunduh dari http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8444
Sopiyanti, F. (2011). Pengaruh self-efficacy terhadap penyesuaian akademik mahasiswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 289-304.
Sopiyanti, F. (2018). Pengaruh self-efficacy terhadap penyesuaian akademik mahasiswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 289–304.
Srantih, T. (2014). Pengaruh perfeksionisme terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 58-68.
Sudarnoto, L. F. N. (2018). Materi kuliah metodologi penelitian. Jakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Unika Atma Jaya.
Warsito, H. (2012). Hubungan antara self-efficacy dengan penyesuaian akademik dan prestasi akademik (Studi Pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 29-47.
Wijaya, I. P. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial orangtua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1).

Downloads

Published

2021-05-15
Abstract views: 378 | PDF downloads: 596