ANALISIS KONTROL DIRI SISWA SMP DALAM BELAJAR DAN IMPLIKASINYA PADA BIMBINGAN KONSELING

Penulis

  • Nosifielda Rodena Siahaan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Yoseph Pedhu Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v22i1.5452

Kata Kunci:

Kontrol diri, belajar, perilaku belajar, akademik, bimbingan konseling

Abstrak

Kontrol diri dalam belajar adalah kemampuan individu untuk mengatur dan mengarahkan perilaku belajar yang dapat membawa ke arah positif. Kontrol diri dalam belajar memiliki tiga komponen, yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif dan kontrol keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kontrol diri siswa SMP dalam belajar dan implikasinya pada bimbingan dan konseling akademik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen skala penilaian yang dikembangkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil ujicoba instrumen terhadap 58 responden diperoleh bahwa dari 30 pernyataan terdapat 27 pernyataan yang dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.920. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 42 siswa (72%) memiliki tingkat kontrol diri dalam belajar tinggi, 16 siswa (28%) berada pada kategori sedang, dan tidak ada siswa (0%) yang berada pada kategori rendah. Hasil uji t diperolah sebesar 0,626 lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan berdasarkan kontrol diri dalam belajar ditinjau dari jenis kelamin siswa. Implikasi bagi bimbingan dan konseling didiskusikan dalam penelitian ini.

Referensi

Al Dhuha, S., Setiawati, O. R., Lestari, S. M. P., & Rukmono, P. (2020). Kontrol diri dengan motivasi belajar SMA Negeri 1. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9 (1), 190-196. doi: https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.238.

Azhari, R. A. & Ismiradewi, I. (2021. Hubungan motivasi berprestasi dan kontrol diri dengan intensi penggunaan media sosial remaja saat pandemi covid-19. Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS XII). Universitas Ahmad Dahlan.

Baumeister, R. F., & Boden, J. M. (1998). Aggression and the self: High self-esteem, low self-control, and ego threat. In R. G. Geen & E. Donnerstein (Eds.), Human aggression: Theories, research, and implications for social policy (pp. 111–137). Academic Press.

Enriquez, M. A. S. (2014). Students’ perceptions on the effectiveness of the use of Edmodo as a supplementary tool for learning. Presented at the DLSU Research Congress 2014 De La Salle University. Manila, Philippines

Djaali. 2011. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Doni, A. M. D. & Pedhu, Y. (2022). Kontrol diri dan prokratinasi akademik. Psiko Edukasi, 20 (2), 165-175.

Firman, F. & Ibrahim, I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan disiplin siswa dalam belajar. NeoKonseling. 1 (1), 1-6.

Ghufron & Risnawati. (2017). Teori-Teori Psikologi. Depok: AR- Ruzz Media.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cell phones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education. 19 (2013), 18-26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002.

Gunarsa, S. D. 2004. Psikologi praktis anak, remaja dan keluarga. Jakarta: PT. Gunung Mulia

Husna, N. (2019). Tingkat kontrol diri siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah SMAN 1 Canduang. Jurnal Ekobistek, 8 (1), 60-68.

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how? Journal of Education and Social Sciences. 3 (February), 12-18.

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan prestasi belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4 (2), 65-70.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology, and usage of m-learning in education. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 15 (2011), 1925-1930. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029.

Kumar, V., & Nanda, P. (2019). Social media in higher education. International Journal of Information and Communication Technology Education. 15 (1), 109-120. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep diri: definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3 (02), 65-69.

Masruria, W. W. (2021). Belajar saat covid-19: pelaksanaan asesmen alternatif dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9 (1), 15-25.

Michele, dkk. 2001. Membangaun kecerdasan moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muhid, A. (2009). Hubungan self-control dan self-efficacy dengan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah, 18 (1), 578.

Pakpahan, R. & Fitriani, Y. Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemik virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4 (2), 30-36.

Patty, S., Wijono, S., & Setiawan, A. (2016). Hubungan dukungan sosial teman sebaya, kontrol diri, dan jenis kelamin dengan prestasi belajar siswa di SMA Kristen YPKPM Ambon. PSIKODIMENSIA, 15 (2), 204-235.

Perdana, Y. A., & Setiyawati, D. (2018). Pelatihan self-control for pupils (stop) untuk meningkatkan kontrol diri siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GAMAJPP), 4 (2), 175-184.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. Eefektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11 (1), 94-101. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i1.15347.

Puteri, A. P., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8 (6), 1-13.

Sari, W., Rifki, A. M., Karmila, M; Dwiyama, F., & Aziz, M. B. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 3 (2), 1-13. DOI: 10.30863/mappesona.v3i2.830.

Sari, S., Yusri, Y., & Said, A. (2017). Kontrol diri siswa dalam belajar dan persepsi siswa terhadap upaya guru bk untuk meningkatkan kontrol diri. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2 (1), 32-37

Sicat, A. S. (2015). Enhancing college students’ proficiency in business writing via Schoology. International Journal of Education and Research. 3 (1), 159-178.

Sudarnoto, L.F.N. (2018). Diktat metodologi penelitian. Jakarta : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Unika AtmJaya (tidak diterbitkan).

Thalib, S. B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Titisari, H. T. D. (2017). Hubungan antara penyesuaian diri dan kontrol diri dengan perilaku delikuen pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Psikodimensia, 16 (2), 131-141.

Waluwandja, P. A., & Dami, Z. A. (2018). Upaya pengendalian diri melalui layanan bimbingan kelompok. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1 (1), 109-123.

Warry, C. J., Remington, B., & Sonuga-Barke, E. J. S. (1999). When more means less: Factors affecting human self-control in a local versus global choice paradigm. Learning and Motivation, 30 (1), 53–73. https://doi.org/10.1006/lmot.1998.1018

Widodo, A. 2008. Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 135 | PDF downloads: 189

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>