HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING

Penulis

  • Raudana Aziah Nuha Atma Jaya Catholic University of Indonesia
  • Yoseph Pedhu Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Kata Kunci:

emotional intelligence, creative thinking ability

Abstrak

Emotional intelligence is an individual's ability to understand and feel the feelings of oneself and others which includes self-emotion recognition, emotional management, motivation, empathy, and social skills. Creative thinking ability is an individual's ability to find answers to problems appropriately and varied which has the characteristics of fluency, flexibility, originality, and elaboration. This study was conducted to determine the relationship between emotional intelligence and creative thinking skills of students of the Guidance and Counseling Study Program at Atma Jaya Catholic University of Indonesia. The subjects of this study were all students of the Guidance and Counseling Study Program class of 2019 and 2020. The research data was collected using a rating scale instrument. The results showed that there was a positive and significant relationship between emotional intelligence and creative thinking ability with a correlation coefficient of 0.781. Emotional intelligence contributes 61% to the ability to think creatively.

Referensi

Amalia, W. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menyelesaikan masalah pada siswa SMA Aisyiyah 1. Thesis. UIN Raden Fatah Palembang. Diunduh dari http://repository. radenfatah.ac.id/id/eprint/1438.
Efendi, V. A. (2013). Pengaruh faktor-faktor kecerdasan emosional pemimpin terhadap komitmen organisasional karyawan di Universitas Kristen Petra. Agora, 1(1), 801-807.
Eva, L. M., & Kusrini, M. (2016). Hubungan kecerdasan emosional dan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Goleman, D. (2019). Emotional intelligence: kecerdasan emosional: Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Hoiriyah, D. (2019). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal open-ended. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(02), 201-212.
lham, T (2002) Hubungan antara kecerdasan emosi dengan kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMU Kristen Petra 3 Pagi Surabaya. Undergraduate Thesis. Universitas Surabaya.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2020). Diunduh dari https://www. djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tegal/ baca-artikel/13304/Pentingnya-Kecerdasan-Emosional-di-Masa-Pandemi.html.
Mahfud, M. (2017). Berpikir dalam belajar; membentuk karakter kreatif peserta didik. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 672-688).
Nur, F., Marini, A., & Siregar, R. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dan kreativitas belajar ilmu pengetahuan sosial kelas IV Sekolah Dasar. Dinamika IPS Sekolah Dasar, 1(1), 1-12.
Purnama, I. M. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).
Purnomo, M., Subiwati, S., & Rosidah, E. M. (2019). Hubungan kecerdasan emosional dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkat akhir S1 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kudus tahun 2017/2018. Proceeding of the URECOL, 721-730.
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui discovery learning berbasis scientific approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa SMK. Kansai Pekanbaru. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).
Silalahi, T., Girsang, M., & Ginting, M. (2020). Peran emosi dalam membangun keterampilan berpikir kreatif anak usia dini. Klaten: Lakeisha. URL: https://books.google. co.id/books?id=Deb8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.
Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2).
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Diterbitkan

2021-10-30

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 327 | PDF downloads: 579

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2