EKSPLORASI HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK
DOI:
https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v22i2.5949Kata Kunci:
efikasi diri, keyakinan individu, kreatif, prokrastinasi akademikAbstrak
Efikasi diri adalah keyakinan individu dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang meliputi komponen aktif, mampu belajar dari masa lalu, kreatif dalam menyelesaikan masalah dan mampu merencanakan tujuan. Prokrastinasi akademik adalah perilaku individu yang menunda mengerjakan atau menyelesaikan tugas-tugas akademik yang meliputi aspek penundaan memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja actual, dan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Strada Kampung Sawah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument skala penilaian. Berdasarkan hasil ujicoba instrumen, diperoleh instrumen efikasi diri memiliki 37 pernyataan valid dari 40 pernyataan dengan reliabilitas sebesar 0.964; sedangkan instrumen prokrastinasi akademik memiliki 36 pernyataan valid dari total 40 pernyataan dengan reliabilitas sebesar 0.949. Hasil analisis korelasi efikasi diri dan prokrastinasi akademik diperoleh sebesar -0,547. Hasil ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri dan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Strada Kampung Sawah. Efikasi diri memberikan kontribusi sebesar 30% kepada prokrastinasi akademik.
Referensi
Aditiya, F., & Rifaldi. (2020). Hubungan efikasi diri dan prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate Thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember. 1-121. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/ eprint/1786
Ati, M., Musbikhin, & Muhimmatul, H. (2023). Pengaruh self-efficacy terhadap kepercayaan diri pada siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 3(1). 34-48. https://doi.org/10 .53915/jbki.v3i1.318.
Dahlia, N. A. (2018). Prokrastinasi akademik: teori dan riset dalam perspektif pembelajaran berbasis proyek dan self-regulated learning. Universitas PGRI Malang. 1-182. http://eprint. unipma.ac.id/id/eprint/70
Dinie, T. A., & Yulidari I. (2019). Self-control of student who tend to academic procrastination. Jurnal Neo Konseling. 1(2). 1-9. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo/article/view/109/57.
Efendi, R. (2013). Self-efficacy: studi indigenous pada guru bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology. 2 (2). 61-67. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip/article/view/2595/2385
Emria, F., Nilma, Z., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). 4(1). 1-5. https://jurnal.iicet. org/index.php/jppi/article/download/182/211
Hana, H. F. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi. 2(2). 123-132. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/view/453
Hidayat, R., Wicaksono, L., & Fergina, A. (2022). Analisis efikasi diri akademik rendah pada siswa kelas IX SMP Negeri 21 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 11(12). 3227-3237. https://jurnal.untan.ac.id/index. php/jpdpb/article/viewFile/60205/75676595442
Iskandar, D., Aspin, & Pambudhi, Y., A. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMAN 1 Tongauna. Jurnal Sublimapsi. 1(1). 27-35. http://dx.doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i1.1046
Jamila. (2020). Konsep prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal EduTech. 6(2). 257-261. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/4935
Khaerunisah. (2020). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. Universitas Islam Negeri Mataram. 1-94. http://etheses. uinmataram.ac.id/id/eprint/1349
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. 3(2). 183-194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382
Makhinudin. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi pada mahasiswa di program studi S1 ilmu keperawatan fakultas ilmu kesehatan. Universitas Muhammadiyah Magelang. 1-51. http://eprintslib. ummgl.ac.id/id/eprint/2514
Miftahul, H., & Zidni, I., M. (2016). Hubungan antara prokrastinasi akademik dengan perilaku mencontek pada siswa SMK “X’’ Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif. 6(2). 128-137. https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshu m/PI/article/view/1257
Mufidah, E. F., Pravesti, C. A., & Farid, D. A. M. (2023). Urgensi efikasi diri: tinjauan teori Bandura. PD ABKIN JATIM Open Journal System. 3(2). 30-35. https://ojs.abkinjatim.org/in dex.php/ojspdabkin/article/view/148
Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. 341-347. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442
Nafeesa. Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya. 4(1). 53-67. https://doi.org/10.24114/antro. v4i1.9884
Nike, I., P., Isma, P., & Triana, N., E. (2020). Task aversiveness sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Mercu Buana University Yogyakarta Indonesia. 3(1). 124-140. https://e-journal.my.id /jsgp/article/download/242/217/
Nisak, T., K. (2019) Analisis efikasi Diri (self-efficacy) siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pokok bahasan segitiga kelas VII SMP Nuris Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember. 1-231. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/ eprint/14558
Nurhayati, I., Wardani, D. K., & Totalia, S. A. (2015). Upaya meningkatkan academic self eficacy dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning di SMK Negeri 3 Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. 1(1). 1- 17. https://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/19924
Nuruddin, I. (2014). Hubungan antara self-efficacy dengan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa MA Al-Hidayah Wajak Malang. Jurnal Fakultas Psikologi. 1-83. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/e print/637
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah. 13(2). 51-68. https://doi.org/10.14421 /hisbah.2016.132-04
Pertiwi, S., P., L., & Darminto, E. (2022). Hubungan antara prokrastinasi akademik dengan efikasi dan kontrol diri peserta didik SMA di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6(2). https://doi.org/ 10.26539/teraputik.621185
Rosmida, R. (2019). Analisis self-efficacy (efikasi diri) siswa dalam pembelajaran biologi kelas X MIPA di Kabupaten Indragiri Hulu (SMA Negeri 1 Peranap, SMA Negeri 1 Kelayang, SMA Negeri 1 Sungai Lala). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). 1-56. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7899
Said., H., B. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari religiusitas. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 14(2). 54-77. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-05
Salsabila, J., & Firman. (2023). Hubungan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di Era New Normal di SMAN 2 Painan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2). 1-31. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9184
Simamora, M., R., Nababan, & Marina, L. (2021). Prokrastinasi akademik dan efikasi diri mahasiswa selama masa awal pandemi COVID-19. Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. 10(2). 66-79. http://dx.doi.org/10. 17977/um023v10i22021p66-79
Triswanto, V. S., & Laksmiwati, H. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan kesulitan belajar matematika pada siswa kelas XI di SMA Negeri X Porong. Jurnal Penelitian Psikologi. 7(4). 79-84. https://ejournal.unesa. ac.id/index.php/character/article/view/36535/32433
Triyono, & Alfin M., K. (2018). Prokrastinasi akademik siswa SMA (dampak psikologis dan solusi pemecahannya dalam perspektif psikologi pendidikan islam). Jurnal Al Qalam IAIN Surakarta. 19(2). 57-74. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/517
Zagoto, S., F., L. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP). 2(2). 386-391. https://doi.org/10. 31004/jrpp.v2i2.667