DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP KARAKTER GEMAR MEMBACA DI KELAS V SD STRADA BINA MULIA 1

Penulis

  • David Setya Utama Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Ivan Stevanus Unika Atmajaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4436

Kata Kunci:

penggunaan perangkat, karakter gemar membaca

Abstrak

Gadget adalah teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah hidup. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari perangkat tersebut adalah membantu siswa untuk mencari bahan pelajaran, buku, dan menonton video pembelajaran. Namun gadget juga memiliki sisi negatif, seperti; permainan dan penipuan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap karakter gemar membaca siswa kelas VD SD Strada Bina Mulia 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data (kuesioner), Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh penggunaan gawai terhadap karakter suka membaca diperoleh nilai Y=13,314+0,652X, didukung nilai signifikansi 0,000<0,05 dan uji t hitung 8,103>2,048. Guru dapat membimbing siswa untuk secara konsisten menggunakan gawai sebagai alat yang dapat melatih kecintaan membaca mereka, dan sekolah dapat membantu menyediakan bacaan digital dan kemudahan akses bagi siswa.

 

Referensi

Agustina, E., Syechalad, M. N., Hamzah, A. (2018). Pengaruh Jumlah Penduduk, Tingkat Pengangguran Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam (Darussalam Journal of Economic Perspec, 4(2), 265–283.

Al.., M. et. (2019). Literasi Digital Masa Pandemi. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Ayunita, D., Nurmala, N. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.

Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul uji validitas dan reliabilitas. Universitas Diponegoro, 3(1), 1–14.

Janna, N. M., Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Nurhati, Yanti, P. G. (2022). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7586–7592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3607.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan aplikasi kuesioner survey berbasis web menggunakan skala likert dan guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Salim., H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Jakarta Kencana.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

2023-05-31

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 115 | PDF downloads: 110