ANALISIS REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP BUNDA HATI KUDUS JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4254Kata Kunci:
regulasi diri dalam belajar, prokrastinasi akademikAbstrak
Regulasi diri dalam belajar merupakan kemampuan individu untuk mengelola proses-proses berpikir yang dilakukan secara mandiri agar mampu mencapai kesuksesan dalam tujuan belajarnya. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku individu yang menunda dalam mengerjakan tugas yang diberikan walaupun sesungguhnya sudah mempunyai keinginan untuk mengerjakan tugas yang diberikan namun lebih tertarik untuk melakukan kegiatan lainnya yang lebih menyenangkan daripada mengerjakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Bunda Hati Kudus Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen skala penilaian. Berdasarkan hasil uji coba instrumen, diperoleh hasil bahwa instrumen regulasi diri dalam belajar memiliki 81 pernyataan valid dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,989; sedangkan instrumen prokrastinasi akademik memiliki 45 pernyataan valid dengan reliabilitas instrumen 0,985. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Bunda Hati Kudus Jakarta dengan nilai korelasi sebesar -0,421. Hal ini berarti semakin tinggi regulasi diri dalam belajar maka semakin rendah prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Bunda Hati Kudus Jakarta, dan sebaliknya.
Referensi
Basar, A. M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 (Studi kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Edunesia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 208-218. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/331350-problematika-pembelajaran-jarak-jauh-pad-f67e8dbd.pdf
Dewi, L. (2021, 19 Mei). Prokrastinasi sebagai kebiasaan buruk yang muncul di masa pandemi. Yoursay.id. Diakses dari https://yoursay.suara.com/news/2021/03/01/121905/prokrastinasi-sebagai-kebiasaan-buruk-yang-muncul-di-masa-pandemi
Effendi, R.M.S. (2017) Regulasi diri dalam belajar (self-regulated learning) pada remaja yang kecanduan game online. Jurnal Psikoborneo, 5(2), 187-191. Diunduh dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/download/4362/pdf
Hidayah, N., & Atmoko, A. (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psikologi Pendidikan: Terapannya di Kelas. Malang: Gunung Samudera. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=h0MyDwAAQBAJ&pg=PA81&dq=prokrastinasi+akademik&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiM4KCk7PvxAhUihuYKHSTLD6wQ6AEwAXoECAYQAw#v=onepage&q=prokrastinasi%20akademik&f=true
Istia’dah, F.N.L. (2018). Komparasi self regulated learning pada mahasiswa yang bekerja dan mahasiswa yang tidak bekerja. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 2(1), 6-13. Diunduh dari https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/download/183/101
Jayanti, V.S., Nurohmah, U., Himawati, N.A & Maryani, I. (2020). Analisis self regulated learning di Masa Pandemi COVID-19 siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sambisari. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (FUNDADIKNAS), 3(3), 210-215. Diunduh dari http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/download/2899/pdf
Knaus, W.J. (2010). End Procrastination Now! Get it Done with a Proven Psychological Approach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/PEMBELAJARAN%20JARAK%20JAUH%20BERBASIS%20TEKNOLOGI%20INFORMASI%20DAN%20KOMUNIKASI%20%28TIK%29.pdf
Nafeesa. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (ANTHROPOS), 4(1), 53-67. Diunduh dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/antrophos/article/view/9884/9183
Noviyanti., Yusmansyah., & Utaminingsih, D. (2019). Hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(3). Diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/19285/13732
Pramuadi, B.A.T. (2018). Hubungan antara Motif Berprestasi dan Regulasi Diri dalam Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Don Bosco II Pulomas Jakarta Timur. Jurnal Psiko-edukasi, 16(2), 63-78. Diunduh dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1604/1145
Rohmaniyah, A. (2018). Hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada anggota BEM Universitas X. Character: Jurnal penelitian psikologi, 5(2). Diunduh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/24847
Sari, M.K. (2018). Hubungan Kemandirian dengan Self-Regulated Learning Pada Usia Remaja. Jurnal Psikoborneo, 6(1), 109-115. Diunduh dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4534/pdf
Setiawan, A. D., & Mamahit, H. C. (2020). Hubungan antara Kemampuan Mengelola Waktu dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Kristoforus I Jelambar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Psiko-Edukasi, 18(2), 121-136. Diunduh dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1662/1198
Ulum. M.I. (2016). Strategi self regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi (PSYMPATHIC), 3(2), 153-170. Diunduh dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/download/1107/814