KONTROL DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA

Penulis

  • Yoseph Pedhu Atma Jaya Catholic University of Indonesia
  • Adventania Marthalena Date Doni

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i2.3540

Kata Kunci:

kontrol diri, akademik, prokrastinasi akademik

Abstrak

Kontrol diri adalah kemampuan individu untuk menyusun, membimbing, mengatur dan mengarahkan bentuk perilaku yang dapat membawa ke arah konsekuensi positif. Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan tugas sekolah dan kegiatan lain yang dilakukan oleh individu secara sadar atau sengaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar angkatan 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen skala penilaian. Berdasarkan hasil uji coba instrumen, diperoleh hasil bahwa instrumen kontrol diri memiliki 43 pernyataan valid dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,945; sedangkan instrumen prokrastinasi akademik memiliki 45 pernyataan valid dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,965. Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2019 dengan korelasi sebesar -0, 211.

Referensi

Acocella, J. R., & Calhoun, J. F. (1990). Psychology of adjustment human relationship. New York: McGraw- Hil.
Ardilasari, N. & Firmanto, A. (2017). Hubungan kontrol diri dan perilaku cyberloafing pada pegawai negeri sipil. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Universitas Muhammadyah Malang, 5 (01), 2301-8267. diunduh dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/viewFile/3882/4333.
Atmoko, A. & Hidayah, N. (2014). Landasan sosial budaya psikologi pendidikan. Malang: Gunung Samudera.
Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 126-129. Diunduh dari http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/36.
Blankstein, K. R., & Polivy, J. (1982). Self-control and Self-modification of Emotional Behavior. New York & London: Plenum Press.
Fajarani, S. (2017). Peningkatan Kontrol Diri Melalui Konseling Kelompok Teknik Modelling pada Siswa Kelas VIII di MTS Pelita Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Diunduh dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/A
Ferrari, J.R., Johnson, J.L., Mccown, W.G. (1995). Procrastination and task avoidance theory, research and treatment. New York: Plenum Press.
Gufron, R. (2012). Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa
IPA MAN Malang 1 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik
Ibrahim Malang. Diunduh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/821/.
Haryanto. (2019). Inovasi Perpustakaan Sebuah Tantangan Kualitas Layanan Publik. Malang: Wineka Media.
Lumongga, D. N. (2014). Memahami dasar- dasar konseling dalam teori dan praktik. Kencana.
Michelle, J & Sudarnoto, L.F.N. (2021). Hubungan Antara Pengendalian Diri dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Bunda Hati Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Psiko Edukasi. 19(1), 39-48 Diunduh dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/art cle/view/1717.
Muhid, A. (2009). Hubungan antara self-control dan self-efficacy dengan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa fakultas dakwah IAIN sunan ampel surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah, 18(1).
Nugrasanti R. (2006). Locus Of Control dan Prokrastinasi Akademis Mahasiswa. Jurnal
Provitae Vol. 2 No. 1; Mei 2006. Diunduh dari http://repository.untar.ac.id/10411/
Sari, A. P. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi pada Mahasiswa yang Lamba dalam Menulis Skripsi di FKIP Universitas Sanata Dharma. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universita Sanata Dharma Yogyakarta. Diunduh dari http://repository.usd.ac.id/35030/2/151114 43_full.pd
Setiawan, A. D., & Mamahit, H. C. (2020). Hubungan antara kemapuan mengelola waktu dan prokrastinasi akademik siswa kelas VII SMP Kristoforus 1 Jelambar Tahun Ajaran 2018/2019. Psiko Edukasi. 18(2), 121-136. Diunduh dar http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/art cle/view/1662/1198
Steel& Konig, Integrating theories of motivation. Academy of Management Review, Vol, 31, No. 4 (2006), hlm. 889–913. Diunduh dari https://journals.aom.org/doi/abs/10.5465/ mr.2006.22527462
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153- 170. Diunduh dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/ rticle/view/1107
Wahdah, N.I. (2016). Hubungan Kontrol Diri dan Pengungkapan Diri dengan Intensitas Penggunaan Facebook pada Siswa SMP Sunan Giri Malang. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.ui malang.ac.id/5238/1/12410197.pdf d

Diterbitkan

2022-10-31

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 668 | PDF downloads: 854

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>