HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP STRADA KAMPUNG SAWAH
DOI:
https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v23i1.6996Kata Kunci:
kecerdasan interpersonal, motivasi belajarAbstrak
Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan individu dalam menyadari, memahami, dan mengindentifikasi berbagai perubahan dan perbedaan yang ada di lingkungan sekitar individu, seperti perubahan perasaan, keyakinan, dan harapan orang lain. Kecerdasan interpersonal ditinjau dari social sensitivity, social insight, dan social communication. Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam diri dan luar lindividu untuk semangat belajar, mengupayakan adanya perubahan perilaku belajar yang ditinjau dari hasrat keinginan berhasil, dorongan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar, dan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Strada Kampung Sawah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala penilaian. Berdasarkan hasil uji coba instrumen, instrumen kecerdasan interpersonal memiliki 54 pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,740 dan instrumen motivasi belajar memiliki 101 pernyataan vaid dengan reliabilitas 0,750. Hasil analisis korelatsi kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar diperoleh sebesar 0,796. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar. Kecerdasan interpersonal memberikan sumbangan 62% kepada motivasi belajar.
Referensi
Hatinah, TA. (2023). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mumtaza Islamic School. (Skripsi sarjana, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayahtullah).
Hofur. (2018). Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al Quran/Hadis dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran PAI. (Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Lailinajiyah. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates. Jurnal Pendidikan Teknik Boga. 1-8.
Lestari, Y.I., & Yarni, D. (2016). Perbedaan Kecerdasan Interpersonal Pada Remaja dengan Orangtua Lengkap dan Tidak Lengkap. Jurnal Psikologi. 12 (1). 16-22.
Lubis, R. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Communication Practice Kelas VII-1 SMP Negeri 7 Medan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan. 6 (1). 53-61.
Monawati. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pesona Dasar. 3 (3). 21-32.
Mukhtar, R. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. (Skripsi sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta).
Nursahid. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPS Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa. 107-117.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”. 289-302.
Rakhmawati, D. (2018). Teams Games Tournament (TGT): Improve Motivation of Studying Social Study Elementary School Students. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik. 2 (2). 17-20
Rista, K., Suroso., Wulandari, I. (2023). Motivasi belajar Mahasiswa Rantau dari Luar Jawa: Adakah Peran Penyesuaian Diri?. INNER: Journal of Psychological Research. 2 (4). 567-577.
Sulfasyah., Arifin, J. (2016). Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja. Jurnal Equilibrium Pendidikan. 4 (2). 1-8.
Suryadi., Adison, J., & Setiyaningsih, S. (2020). Hubungan Variasi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Joyful Learning Journal. 66-71.
Widiastini, L.K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 4 (1). 135-141.