RESILIENSI AKADEMIK SISWA/SISWI KELAS VII DAN VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SANTO ANDREAS TAHUN AJARAN 2020/2021

Penulis

  • Dwi Murtiningrum Atma Jaya Catholic University of Indonesia
  • Yoseph Pedhu Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Kata Kunci:

resiliensi akademik, pembelajaran jarak jauh

Abstrak

Academic resilience is the ability of students to adapt to academic stress which includes components of emotion regulation, impulse control, optimism, empathy, problem-causing analysis, self-efficacy and reaching out. The purpose of this study was to describe the academic resilience of students in grades VII and VIII of Saint Andreas Junior High School for the academic year 2020/2021. The results showed that the academic resilience of students for the academic year 2020/2021 during distance learning was in the high category with a percentage of 64%. Component analysis shows that the highest component is the empathy component with a total score of 1,885 and the lowest component is the problem-causing analysis component with a total score of 1,670.

Referensi

Chasanah, D. U. (2019). Hubungan antara strategi self regulated learning dengan resiliensi akademik pada mahasiswa kelas sore program studi teknik informatika dan teknik elektro Universitas Muhammadiyah
Gresik yang bekerja. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik. Diunduh dari http://eprints.umg. ac.id/3034/
Fallon, C. M. (2010). School factors that promote academic resilience in urban Latino high school students. Doctoral dissertation, Loyola University Chicago. Diunduh dari https://search.proquest.com/openview/7e46bbfa696701e99deac55392815c7a/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18 750&diss=y
Handayani A, R. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi siswa akselerasi. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Diunduh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/771/
Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020). Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2), 240-246.
Hartuti, H., & Mangunsong, F. M. (2009). Pengaruh faktor-faktor protektif internal dan eksternal pada resiliensi akademis siswa penerima bantuan khusus murid miskin (BKMM) di SMA Negeri di Depok. Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 63-74.
Hendriani, W. (2017). Adaptasi positif pada resiliensi akademik mahasiswa doktoral. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 14(2), 139-149.
Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: Tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169-178.
Jamilah, J., & Mulyadi, M. (2020). Dampak pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 13-18.
Lubis, I. A. (2017). Gambaran resiliensi akademik pada first generation college students (FGCS) di Fakultas Psikologi USU. Thesis, Universitas Sumatera Utara. Diunduh dari http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/18076
Mallick, M. K., & Kaur, S. (2016). Academic resilience among senior secondary school students: Influence of learning environment. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 8(2), 20-27.
Margareth, T. V. (2016). Hubungan antara self-esteem dengan resiliensi pada siswa sekolah menengah pasca bencana banjir dan tanah longsor di daerah Batu Gajah Ambon. Skripsi, Universitas Kristen Satya Wacana. Diunduh dari https://repository.uksw .edu/bitstream/123456789/10027/2/T1_802011085_Full%20text.pdf
Meiranti, E. (2020). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa SMK di Semarang Utara. Doctoral dissertation, Unnes. Diunduh dari http://lib.unnes.ac .id/41674/
Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta CV.
Mustafa, Sulihin. (2020). Belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh di SMA. Jakarta: KEMENDIKBUD.
Nisa, M. K. & Muis, T. (2016). Studi tentang daya tangguh (resiliensi) anak di panti asuhan sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 6(3).
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544.
Pramana, K. A. B., & Putra, D. B. K. N. S. (2019). Merancang penilaian autentik. Jembrana: CV. Media Educations.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Purnomo, M. (2020). Covid-19 Thanos bagi dunia pendidikan. Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. 1(7), 61-67.
Rohmah, U. (2012). Resiliensi dan sabar sebagai respon pertahanan psikologis dalam menghadapi post-traumatic. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 6(2), 312-330.
Rojas, L. F. (2015). Factors affecting academic resilience in middle school students: A case study. Gist: Education and Learning Research Journal, (11), 63-78.
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan X fakultas teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182.
Sari, S. P., Aryansah, J. E., & Sari, K. (2020). Resiliensi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19 dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 17-22.
Setyawati, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. BIOEDUKASI, 15(1), 28-38.
Shadiqien, S. (2020). efektivitas komunikasi virtual pembelajaran daring dalam masa PSBB (Studi kasus pembelajaran jarak jauh produktif siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 11-21.
Sudarnoto. (2018). Bahan ajar metodologi penelitian. Jakarta: UNIKA Atma Jaya.
Tumanggor, R. O., & Dariyo, A. (2015). Pengaruh iklim kelas terhadap resiliensi akademik, mastery goal orientation dan prestasi belajar. Seminar Psikologi & Kemanusiaan: Psychology Forum UMM, 262-268.
Uyanto, S. (2006). Pedoman analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi akademik perspektif psikologi Islam. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, 1(1), 11-140.
Wakhudin. (2020). Quasi homeschooling: pendidikan alternatif saat wabah covid-19 (Studi etnografis pada warga sekolah dasar di eks karesidenan Banyumas). Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. 1(1), 1-22.
Wibowo, U. F. (2018). Resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menempuh skripsi. Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang. Diunduh dari http://eprints .umm.ac.id/41433/1/Skripsi.pdf

Diterbitkan

2021-10-30

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 641 | PDF downloads: 474

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>