Elevating Respect for Others Through English Lesson
A Case Study of Indonesian Street Children
DOI:
https://doi.org/10.25170/perkotaan.v9i1.284Keywords:
Pengajaran, Bahasa Inggris, Anak Jalanan, Pendidikan KarakterAbstract
Tujuan nasional pendidikan di Indonesia adalah membentuk setiap anak menjadi pribadi yang cerdas dan memiliki karakter yang baik. Begitu pula dengan pendidikan nonformal yang diberikan untuk anak jalanan. Pendidikan nonformal diharapkan dapat meningkatkan karakter mereka. Oleh sebab itu, materi pelajaran yang diberikan diintegrasikan dengan pendidikan karakter; salah satu di antaranya adalah pelajaran bahasa Inggris. Tidak hanya melalui materi pelajaran yang diberikan, interaksi sosial antara anak jalanan dan pendidik selama pelajaran berlangsung juga menjadi kunci penting untuk membentuk karakter anak jalanan. Penelitian ini bertujuan menguji keberhasilan pelajaran bahasa Inggris dalam membangun karakter respect pada anak jalanan. Subjek penelitian adalah lima anak jalanan di Jakarta yang berasal dari salah satu sekolah nonformal. Data penelitian ini dikumpulkan secara kualitatif melalui observasi pelajaran bahasa Inggris selama lima minggu, wawancara para guru yang terlibat dalam pertemuan, dan analisis jurnal refleksi yang ditulis oleh subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan perubahan positif dalam karakter subjek penelitian. Walaupun demikian, setiap subjek mengalami perubahan yang berbeda bergantung pada situasi individu masing-masing.