Implementasi Pembelajaran Tematik di Lima SD Swasta Wilayah DKI Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.25170/perkotaan.v10i2.313Keywords:
pembelajaran tematik, implementasi, persiapan, pelaksanaan, penilaianAbstract
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan tema untuk memadukan beberapa mata pelajaran atau bahan ajar, agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Meskipun pembelajaran tematik sudah diterapkan sejak Kurikulum Berbasis Kompetensi (2004) namun sampai saat ini (2017/2018) masih ada kepala sekolah dan guru SD yang mengalami kendala dalam mengimplemen-tasikan pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat kolaboratif dengan membandingkan implementasi (persiapan, pelaksanaan, dan penilaian) pembelajaran tematik di lima SD swasta di DKI Jakarta yaitu SD Santa Maria (JakPus), SD Strada Santo Ignatius (JakUt), SD Tarakanita 5 (JakTim), SD Kartika X-2 (JakSel), dan SD Bintang Kejora (JakBar). Perencanaan dalam bentuk Prota, Promes, dan Silabus sudah mengikuti panduan, hanya perlu disesuaikan dengan kalender sekolah, sedangkan penyusunan RPP dan perangkatnya dibuat guru pararel seminggu sekali. Pelaksanaan di kelas 1 sudah menerapkan tematik terpadu, sedangkan di kelas 4 masih tematik terjaring, menggunakan model dan metode pembelajaran cukup bervariasi dan mengaktifkan siswa, dan melaksanakan langkah pembelajaran saintifik walaupun belum optimal. Penilaian dalam bentuk penilaian autentik masih dirasakan sulit sehingga perlu dicari cara yang lebih memudahkan guru dalam mempersiapkan dan melakukan penilaian.