PENYESUAIAN AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS KATOLIK ATMA JAYA SAAT PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i1.3426Kata Kunci:
penyesuaian akademik, pembelajaran jarak jauhAbstrak
Kemampuan mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan aktivitas perkuliahan dan mampu menyelesaikan permasalahan akademik dapat dikatakan sebagai penyesuaian akademik. Penyesuaian akademik mahasiswa dilakukan dengan memperhatikan pencapaian prestasi akademik yang baik (successful performance), perubahan intensional, dan usaha yang adekuat (adequate effort). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian akademik mahasiswa aktif program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya saat pembelajaran online selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini secara keseluruhan adalah 117 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner penyesuaian akademik. Reliabilitas dari instrumen ini adalah 0.903. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 57,32% tingkat penyesuaian akademik mahasiswa aktif program studi Bimbingan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Hal ini berarti kondisi penyesuaian akademik mahasiswa termasuk dalam kategori cukup. Komponen pencapaian prestasi akademik yang baik merupakan komponen dalam urutan pertama dengan jumlah skor sebesar 3442. Saran dalam penelitian ini adalah agar mahasiswa yang memiliki skor rendah dalam kategori perubahan positif aktif adalah agar dapat melakukan refleksi diri secara mandiri atau dengan teman maupun dosen terkait hasil akademik yang didapat. Selain itu mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling yang termasuk rendah dalam kategori kematangan dalam persiapan karier, dapat mengikuti acara terkait karier yang diadakan oleh pihak Atma Jaya ataupun pihak luar.
Referensi
Anggana, W.T. (2020) Hubungan Antara Regulasi Diri Dan Penyesuaian Akademik Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Pendidikan Dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Pendidikan dan Bahasa. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya: Jakarta.
Arikunto, S. (2001). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Aksara.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.
Cucus, A., & Aprilinda, Y. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 7(2).
Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Empati, 7(2), 491-501.
Ghufron, M. N. (2018). Penyesuaian Akademik Tahun Pertama Ditinjau Dari Efikasi Diri Mahasiswa. KONSELING EDUKASI" Journal of Guidance and Counseling", 1(1).
Hartina, H., & Mudjiran, M. (2019). PENGARUH SELF-EFICACY TERHADAP PENYESUAIAN AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA JURUSAN PSIKOLOGI. Jurnal Riset Psikologi, 2019(1).
Herdianto, R. (2018). Roadmap Pengembangan E-Learning Berbasis E-Learning Maturity Model (eMM): Studi kasus Universitas Negeri Malang.
Khairat, M., & Adiyanti, M. G. (2015). Self-esteem dan prestasi akademik sebagai prediktor subjective well-being remaja awal. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 1(3).
Khoyroh, I. (2016). Hubungan antara keterbukaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menjalani Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) tematik posdaya berbasis masjid tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Leuwol, N., & Gaspersz, S. (2020). Perubahan Karakter Belajar Mahasiswa Di Tengah Pandemik Covid-19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 4(1 Extra), 32-44.
Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201-209.
Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1-5.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Prihandrijani, E. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa SMA “X” di Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Rozali, Y. A. (2015). Hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa UEU Jakarta. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 13(02), 126455.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
Sakinah, U. (2017). Identifikasi Faktor-Faktor Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama Pendidikan Tata Boga UNIMED.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan: jenis, metode dan prosedur.
Sudarnoto, L.F.N. (2018). Metodologi penelitian. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Sopiyanti, F. (2018). Pengaruh self efficacy terhadap penyesuaian akademik mahasiswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 289–304.
Siburian, J. H., Tanjung, S., & Saragih, A. H. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(1), 62-74.