BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SEPULUH SISWA KELAS VIII SMP TARAKANITA GADING SERPONG

Penulis

  • Skolastika Hapsari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Henny Christine Mamahit Unika Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i2.4930

Kata Kunci:

bimbingan kelompok, metode berdasarkan pengalamanan, regulasi diri

Abstrak

Bimbingan kelompok dengan metode Experiential Learning (EL) adalah metode pembelajaran berbasis pengalaman yang dapat digunakan pada pelaksanaan layanan bimbingan konseling. Self-Regulated Learning (SRL) merupakan kemampuan siswa untuk mengatur diri dalam belajar yang terdiri dari aspek mengontrol kognitif, motivasi, dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan metode Experiential Learning untuk meningkatkan Self-Regulated Learning pada siswa kelas VIII SMP Tarakanita Gading Serpong. Penelitian ini dilakukan pada 10 siswa kelas VIII B SMP Tarakanita Gading Serpong. Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain Sequential Explanatory. Data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan angket Pretest-Posttest SRL. Sedangkan untuk data kualitatif dikumpulkan dengan wawancara dan observasi pelaksanaan layanan. Berdasarkan nilai signifikan dapat dilihat Sig. (2-tailed) 0,005 lebih kecil dari α 0,05 sehingga dinyatakan bahwa ada perbedaan signifikan setelah dan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode EL dalam meningkatkan SRL sepuluh siswa kelas VIII. Saran diberikan kepada tim BK sekolah agar menggunakan metode EL pada penerapan layanan BK bidang belajar dan diterapkan pada seluruh siswa. Selain itu bisa meneliti SRL dengan dikaitkan faktor lainnya yang berkaitan dengan pengembangan diri siswa.

Referensi

Asdar, M., & Barus, C. A. (2023). Analisis Perbandingan Perkembangan Kognitif Siswa SD dan SMP Berdasarkan Teori Piaget selama Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 148-157. https:// e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/5974

Didik, M. E. P. P. (2020). Teknik Experiential Learning Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Pendidikan, 12(2), 106-111. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/ 2735

Fatimah, E., Ulum, B., Hayati, N., Reta, E. M., & Rosyid, A. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Para Calon Konselor. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 665-670. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1457.

Fithriyah, K., Arif, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 6(1), 39-45. https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6389.

Gunowibowo, P., Setiawati, S., & Agnesa, T. (2021). Efektivitas Penerapan Strategi Metacognitif Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Reflektif. (Doctoral dissertation, Universitas Lampung). http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36285

Hajjah, M., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Hidayati, Y. (2022). Implementasi Model Experiental Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Natural Science Education Research, 5(1), 79-88. https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.4371

Hakim, F. (2019). Keterampilan Berpikir Gambaran Tinggi Siswa Kelas XI dengan Model (Experiential Learning) pada Materi Titrasi Asam Basa. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 62-68. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4260

Harahap, A. C. P. (2020). Covid 19: Self regulated learning mahasiswa. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1). http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7646

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.14400.

Kemendikbud (2022, Mei, 11). SKB 4 Menteri Terbaru Atur Pembelajaran Tatap Muka Seratus Persen. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/skb-4-menteri-terbaru-atur-pembelajaran-tatap-muka-seratus-persen, pada 15 Januari 2023.

Latif, N. I. (2021). Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN NO. 104 INPRES Merdeka Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Makassar). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19170-Full_Text.pdf.

Latipah, E. (2019). Pengaruh Strategi Experiential Learning terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah). http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39756.

Lesmana, G. (2022). Bimbingan dan Konseling Belajar. Jakarta: Prenada Media.

Nafilah. (2022). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok melalui Pendekatan Self Regulated Learning dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Bandara TA. 20211/2022. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara). http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18750

Ningrum, S. K. (2019). Pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP IT Ar Ridho Sei Mencirim tahun pembelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5773

Nugroho, M. H., Asri, D. N., & Kadafi, A. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Self-Regulated Learning pada Siswa SMP. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, 6(2) 16-21. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/3141/2482.

Pranoto, H., Wibowo, A., & Atieka, N. (2023). Self- Regulated Learning dan Percaya Diri Siswa Digambarankan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 7 (3), 143-148. https://dx.doi.org/10.26737/jbki. v7i3.3854

Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. Medan: Umsu Press.

Pratiwi, I. W., & Wahyuni, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi self regulation remaja dalam bersosialisasi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM, 8(1), 1-11. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/589.

Pratiwi, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Di Dukung Metode Example Non-Example Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMA Negeri 1 Simpang Agung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8944.

Puspita, D. A., Mugiarso, H., & Mulawarman, M. (2019). Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan experiential learning untuk meningkatkan self-esteem. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 7-12. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/22056.

Rahabav, P. (2021). Pengaruh pembelajaran Experiential Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1-11. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/963.

Rozali, Y. A., & Yashirly, E. (2020). Peran Self-Regulated Learning Dan Penyesuaian Akademik Di Masa Pandemi. Dalam Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 3). https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/12.

Saputra, A. D. (2022). Peran Guru Kelas Dalam Mengampu Tugas Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 389-400. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.977

Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77-88. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.18002

Surdi, T. I., Milfayetty, S., & Masganti, M. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua dan Regulasi Diri dengan Tanggung Jawab Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lhokseumawe. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 429-439. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1239

Syukur, Y., Neviyarti, & Zahria, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH Book Publisher.

Tea, T., Anakaka, D. L., & Amseke, F. (2020). Dukungan sosial guru dan self regulated learning siswa. Journal of Health and Behavioral Science, 2(2), 60-79. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i2.2193.

Widodo, A. (2022). Hubungan Antara Self-Regulation Learning dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Perantau di Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id /id/eprint/106049.

Wirya, E. A., Herawati, E. S. B., & Asiyah, D. A. (2023). Profil Kesiapan Belajar Siswa Pasca Pandemi di SMP Negeri 1 Kertasemaya. Jendela ASWAJA, 4(01), 86-98. https://doi.org/10. 52188/ja.v4i01.416.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31 — Diperbaharui pada 2023-12-01

Versi

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 536 | PDF downloads: 287