STRES AKADEMIK DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA KELAS X SMA STRADA SANTO THOMAS AQUINO
DOI:
https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v22i1.5605Kata Kunci:
stress akademik, prokrasitinasi akademik, resiliensi akademikAbstrak
Stres akademik merupakan respon terhadap stresor akademik yang memberikan tekanan pada individu. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas. Resiliensi akademik merupakan kemampuan bertahan dengan keadaan penuh tekanan dalam konteks akademik. Penelitian kuantitatif korelasional ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan prokrastinasi akademik dengan resiliensi akademik pada siswa kelas X SMA Strada Santo Thomas Aquino. Pengumpulan data instrumen penelitian berupa angket sebagai berikut Instrumen resiliensi akademik memiliki 71 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,944. Instrumen stres akademik memiliki 30 pernyataan valid dengan koefisien realiabilitas sebesar 0,914. Instrumen prokrastinasi akademik memiliki 40 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,914. Hasil analisis korelatif menunjukkan bahwa r hitung (0,660) > r tabel (0,318), sehingga diketahui terdapat hubungan secara positif dan signifikan stres akademik dan prokrastinasi akademik dengan resiliensi akademik. Tim BK sekolah disarankan memanfaatkan penelitian ini sebagai dasar menyusun layanan yang relevan.
Referensi
Adhiman, F., & Mugiarso, H. (2021). Hubungan penyesuaian diri terhadap resiliensi akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajaran saat masa pandemi covid 19. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 258-264. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1571
Allicia, A., & Adhyatma, M. D. R. (2020). Resiliensi ibu dari anak dengan down syndrome yang berprestasi dalam bidang olahraga. Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 47-58. https://doi.org/10.33508/exp.v8i1.2429
Amelasasih, P., Aditama, S., & Wijaya, M. R. (2019). Resiliensi akademik dan subjective well-being pada mahasiswa. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 161-167). http://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/917
Andira, P. A., & Gina, F. (2022). Self Efficacy dan Resiliensi pada Mahasiswa yang mengalami Pembelajaran Daring: Putri Ayu Andira, Fathana Gina. JURNAL SOCIAL PHILANTHROPIC, 1(1), 29-34. http://www.ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JSP/article/view/1456
Anggraini, S. (2022). Resiliensi akademik ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 64-69. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2997672&val=27020&title=RESILIENSI%20AKADEMIK%20DITINJAU%20DARI%20JENIS%20KELAMIN%20PADA%20MAHASISWA%20DI%20MASA%20PANDEMI%20COVID-19
Atmadja, I. A. D., Sriati, A., Hendrawati, H., & Senjaya, S. (2020). Penyuluhan Tentang Manajemen Stres di Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 3(1), 106-112. 10.33024/jkpm.v3i1.2465
Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi dukungan sosial, self-esteem, dan resiliensi terhadap stres akademik siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491-498. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12285
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95-99. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005
Berdida, D. J. E., & Grande, R. A. N. (2022). Academic stress, COVID‐19 anxiety, and quality of life among nursing students: The mediating role of resilience. International Nursing Review. https://doi.org/10.1111/inr.12774
Dindikbud Banten (2022, April, 7). Mulai 7 April 2022, SMA, SMK dan SKH Negeri dan Swasta di Banten Terapkan 100 Persen. https://dindikbud.bantenprov.go.id/index.php/artikel/343-mulai-7-april-2022,-sma,-smk-dan-skh-negeri-dan-swasta-di-banten-terapkan-ptm-100-persen.html. Diakses pada 10 September 2022.
Fajriani, N., Ismawati, I., & Abidi, F. (2021). Hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa magister yang bekerja pada perguruan tinggi surabaya. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 691-698. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1625
Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan kecerdasan emosional pada pemilihan strategi coping pada mahasiswa yang bekerja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39-56. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2186
Gayatri, R., & Isrofin, B. (2021). Hubungan Peer Social Support Dan Adversity Quotient Dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa Di Masa Pandemi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 226-236. http://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/1568
Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. (2017). Perbedaan stres akademik pada mahasiswa program studi Ilmu Keperawatan berdasarkan jenis kelamin di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3), 220-229. https://doi.org/10.33366/nn.v2i3.581
Hamidah, S. P. (2020). Hubungan antara Emotion Focused Coping (EFC) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. [Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya]. Digital Library UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/43263/
Handayani, M. (2022). Peningkatan creative thinking skills melalui model problem based learning pembelajaran ipa sd selama pandemi. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 428-437. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2192
Handayani, S. W. R. I., & Andromeda, N. (2017). Pengaruh gaya pengambilan keputusan terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Psikovidya, 50-65. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v21i1.66
Karni, A., Pujiastuti, T., & Pasmawati, H. (2018). Program bimbingan dan konseling dan implikasinya terhadap resiliensi lansia di Panti Jompo BPPLU Propinsi Bengkulu. Samudra Biru.
Kemendikbud (2022, Mei, 11). SKB 4 Menteri Terbaru Atur Pembelajaran Tatap Muka Seratus Persen. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/skb-4-menteri-terbaru-atur-pembelajaran-tatap-muka-seratus-persen. Diakses pada 15 September 2022.
Luvitha, E. S. (2021). Hubungan antara resiliensi dengan stres akademik pada siswa SMA di Yogyakarta (Skripsi, Universitas Mercu Buana). Diunduh dari http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/12132/
Madjid, A., Sutoyo, D. A., & Shodiq, S. F. (2021). Academic procrastination among students: The influence of social support and resilience mediated by religious character. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 56-69. 10.21831/cp.v40i1.34641
Mamahit, H. C. (2020). Stres akademik mahasiswa aktif angkatan 2018 dan 2019 Universitas Swasta di DKI Jakarta. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 6(1), 6-13. https://doi.org/10.21067/jki.v6i1.4935
Mir’atannisa, I. M., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Kemampuan adaptasi positif melalui resiliensi. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 70-75. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/568
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8 (1), 45-52. http://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Nafeesa, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53-67. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884
Novianti, R. (2018). Orang tua sebagai pemeran utama dalam menumbuhkan resiliensi anak. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 7(1), 26-33. http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5101
Novisari, L., & Kemala, C. N. (2021). Penerapan acceptance and Commitment Therapy (ACT) pada siswi perempuan di masa COVID-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 6(2), 125-147.
Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 142-149. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3416
Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh stres akademik dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738-749. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578
Pradiri, A. P., Hendriani, W., & Surjaningrum, E. R. (2021). Studi kualitatif dalam kajian stres akademik. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 6(2), 79-89. https://doi.org/10.20473/jpkm.V6I22021.79-89
Pratama, G. O. (2019). Peran Regulasi Emosi Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 119-124. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i2.19693
Prawitasari, T., & Antika, E. R. (2022). Pengaruh self-efficacy terhadap resiliensi akademik siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2). https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1195
Rahayu, E. W., & Djabbar, M. E. (2019). Peran resiliensi terhadap stres akademik siswa sma. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, September, 20-21. https://psychologyforum.umm.ac.id/files/file/Prosiding%20IPPI%202019/25_%20Naskah%20-216-224.pdf
Rahman, R. Y. (2021). Strategi layanan bimbingan dan konseling tentang mereduksi stress akademik di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad, 1.
Rajapakshe, W. (2021). The Impact of Academic Procrastination, Self-Efficacy, and Motivation on Academic Performance: Among Undergraduates in Non-State Universities in Sri Lanka. Asian Journal of Education and Social Studies, 25, 38.
Ramadanti, G., & Sofah, R. (2022). Resiliensi akademik pada siswa berdasarkan prestasi belajar. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 141-149). http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/2875
Revendra, A., & Duryati, D. (2022). Hubungan antara Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Kota Padang. Socio Humanus, 4(1), 72-86. http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum/article/view/308
Rikumahu, M. C. E., & Rahayu, M. N. M. (2022). Resiliensi akademik pada mahasiswa: bagaimana kaitannya dengan optimisme selama masa pembelajaran daring?. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 575-584. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/8467/pdf
Sagita, D.D., Daharnis, & Syahniar. (2017). Hubungan self efficacy, motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik dan stres akademik mahasiswa. Jurnal Bikoetik, 1(2), 37-72. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52
Salim, I. R., & Yuliawati, L. (2021). Growing and getting good grades? Interplay personal growth initiative, extrinsic motivation, and academic procrastination. Psibernetika, 14(2). https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4635
Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan penyesuaian diri di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa perantau di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 4(1), 96-106. https://doi.org/10.24854/jpu67
Septiana, N. Z. (2021). Hubungan antara stres akademik dan resiliensi akademik siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 49-64. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2915
Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan. Jurnal penelitian psikologi, 7(2), 59-76. http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/JPP/article/view/59
Sihombing, S. J. (2021). Coping stress antara ibu rumah tangga dengan ibu bekerja dalam menghadapi pembelajaran daring. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(1), 49-57. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/753
Silmiyati, N. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 62-68. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/26728
Solikhah, N., & Suminar, D. R. (2022). Harapan (Hope) dan Resiliensi Akademik Siswa SMA/SMK di Masa Pandemi COVID-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 720-728. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.36192
Sun, J., Dunne, M. P., Hou, X.-y., & Xu, A.-q. (2011). Educational stress scale for adolescents: Development, validity, and reliability with Chinese students.
Turmudi, I., & Suryadi. (2021). Manajemen perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa selama pembelajaran daring. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 10(1), 39-58. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/altazkiah/article/view/3423
Wahyuningtyas, E. P., Fasikhah, S. S., & Amalia, S. (2019). Hubungan manajemen stres dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Riset Aktual Psikologi, 10(1), 28-45. https://eprints.umm.ac.id/86520/
Wibowo, R. F. (2014). Self Efficacy dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. CALYPTRA, 3(1), 1-11. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1894
Yunalia, E. M., Jayani, I., Suharto, I. P. S., & Susilowati, S. (2021). Kecerdasan Emosional dan Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(4), 869-878. https://doi.org/10.26714/jkj.9.4.2021.869-878