HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PENYESUAIAN AKADEMIK MAHASISWA ANGKATAN 2019 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING, FAKULTAS PENDIDIKAN DAN BAHASA, UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA
Keywords:
regulasi diri, penyesuaian akademikAbstract
Penyesuaian akademik adalah kemampuan mahasiswa/i untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan perkuliahannya dan mampu menyelesaikan masalah-masalah akademik dan mampu mencapai prestasi akademiknya. Regulasi diri adalah upaya individu untuk mengatur diri dalam suatu aktivitas dengan mengikutsertakan kemampuan pikiran, perasaan, dan perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat regulasi diri, penyesuaian akademik, dan hubungan antara kedua variabel. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2019 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Berdasarkan hasil uji coba instrumen regulasi diri memiliki reliabilitas instrumen sebesar 0,914 dan instrumen penyesuaian akademik dengan reliabilitas instrumen 0,923. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dan penyesuaian akademik. Variabel regulasi diri memberikan sumbangan sebesar 68% terhadap variabel penyesuaian akademik.
References
Damayanti, E. (2018). Hubungan antara optimismedan regulasidiri dengan kematangan karir pada mahasiswa UNS yang mengikuti UKM olahraga. Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret. Diunduh dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/59441/Hubungan-antara-Optimisme-dan-Regulasi-Diri-dengan-Kematangan-Karier-pada-Mahasiswa-Uns-yang-Mengikuti-Ukm-Olahraga
Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 66–77.
Ghufron, M.N.& Risnawita, R. S. (2012). Teori-teori psikologi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Heryanti, B. J (2013). Regulasi diri tiga siswa SMPK 2 Penabur peserta Olimpiade Sains Nasional tingkat kotamadya Jakarta Pusat pada tahun ajaran 2012/2013. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indosesia Atma Jaya Jakarta. Diunduh dari https://lib.atmajaya. ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=194043
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1), 73.
Husna, A. N., Hidayati, F. N. R., & Ariati, J. (2014). Regulasi diri mahasiswa berprestasi. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 50–63.
Isnaini, F. (2017). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri santri pondok pesantren di Surakarta. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diunduh dari https://www. google.com/search?client=firefox-b-d& q=Isnaini%2C+F.+%282017%29.+Hubungan+antara+regulasi+diri+dengan+penyesuaian+diri+santri+pondok+pesantren+di+Surakarta.+Skripsi.+Program+Studi+Psikologi+Fakultas+Psikologi+Universitas+Muhammadiyah+Surakarta.#
Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional, stres akademik, dan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50.
Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada Santri Remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Jurnal Psikologi, 06(03), 1–7.
Nugroho, R, W. (2018). Pengaruh regulasi diri terhadap ego depletion pada mahasiswa. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Diunduh dari https://lib. unnes.ac.id/33625/1/1511413069_Optimized.pdf
Putri, T. E., & Yusuf, U. (2017). Hubungan antara optimisme dengan penyesuaian akademik (studi pada anak panti asuhan Al-Hayat Bandung). Jurnal Psikologi, 3(2), 809–816.
Rizqiyah, N. (2016). Pengaruh strategi regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa-siswi SMP Hassanudin Sepanjang Gondanglegi. Tesis Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang. Diunduh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/6004/1/12410024.pdf
Rozali, Y. A. (2015). Hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial orang tua dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa UEU Jakarta. Jurnal Psikologi, 13(02), 65–69.
Sakinah, U. (2017). Identifikasi faktor-faktor penyesuaian akademik pada mahasiswa tahun pertama pendidikan tata boga UNIMED. Skrips Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Diunduh dari http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/8444/1/ummi%20sakinah.pdf
Sari, A. D. (2016). Hubungan antara regulasi diri dan budaya organisasi dengan komitmen afektif pada purna paskibraka Indonesia (PPI) kota administrasi Jakarta Pusat. Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret. Diunduh dari https:// digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/52555/Hubungan-Antara-Regulasi-Diri-dan-Budaya-Organisasi-dengan-Komitmen-Afektif-pada-Purna-Paskibraka-Indonesia-PPI-Kota-Administrasi-Jakarta-Pusat
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Junal Empati, 5(2), 177–182.