KONDISI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i2.3917Kata Kunci:
kesejahteraan psikologis, mahasiswa, pandemi Covid-19Abstrak
Pengertian kesejahteraan psikologis yakni penilaian individu mengenai terpenuhinya fungsi-fungsi psikologis, seperti penerimaan diri, memiliki hubungan positif dengan orang lain, memiliki kemandirian, dapat mengontrol lingkungan eksternal, memiliki tujuan dalam hidup, serta mampu mengembangkan potensi diri. Penelitian dilakukan untuk memahami tingkat kesejahteraan psikologis mahasiswa selama masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian adalah 50 mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 dari Prodi Bimbingan dan Konseling (Prodi BK) Unika Atma Jaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala penilaian kesejahteraan psikologis dengan 181 pernyataan valid dan koefisien korelasi 0,983.
Rata-rata tingkat kesejahteraan psikologi mahasiswa Prodi BK Unika Atma Jaya berada pada klasifikasi kurang sejahtera (54%), cukup sejahtera (26%), sangat kurang sejahtera (18%), sejahtera (2%), dan tidak terdapat mahasiswa dengan tingkat kesejahteraan psikologis sangat sejahtera. Adapun komponen yang memiliki nilai rata-rata paling tinggi sampai paling rendah yakni penguasaan lingkungan, penerimaan diri, otonomi, pertumbuhan pribadi, tujuan hidup, dan hubungan yang positif dengan orang lain. Peneliti memberikan saran kepada Ketua Program Studi, pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi, dan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling; mengadakan kegiatan pendampingan dan pengembangan keterampilan interaksi dan komunikasi interpersonal kepada mahasiswa agar mahasiswa mampu mengatasi situasi yang menekan selama pandemi dengan menjaga kualitas relasi dengan keluarga dan teman sebaya.
Referensi
Awaliyah, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Pengaruh rasa kesadaran terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 5(2), 89-101.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (Fourth). Pearson Education, Inc.
Eva, N., Shanti, P., Hidayah, N. & Bisri, M. (2020). Pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa dengan religiusitas sebagai moderator. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 5(3), 122–131. doi: 10.17977/um001v5i32020p122
Fitri, S., Luawo, M. I. R. & Noor, R. (2017). Gambaran kesejahteraan psikologis pada remaja laki-laki di SMA Negeri se-DKI Jakarta. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 50-59. doi: https://doi.org/10.21009/INSIGHT.061.05
Francis, A., Pai, M. S., & Badagabettu, S. (2020). Psychological well-being and perceived parenting style among adolescents. Comprehensive Child and Adolescent Nursing, 1–10. doi:10.1080/24694193.2020.1743796
Gilibrand, R., Lam, V. & O'Donnell, V.L. (2016). Developmental psychology. Second Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited
Goodwin, C. J., & Goodwin, K. A. (2013). Research in psychology: Methods and design. John Wiley & Sons.
Harimukhti, M. T. & Dewi, K. S. (2014). Eksplorasi kesejahteraan psikologis individu dewasa awal penyandang tunanetra. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 64-77. Diunduh dari http://eprints.undip.ac.id/51953/1/jurnal_psikologi_2014_ikong&tala.pdf
Ismail, R.G., & Indrawati, E.S. (2013). Hubungan dukungan sosial dengan psychological well-being pada mahasiswa STIE Dharmaputera Program Studi Ekonomi Manajemen Semarang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. 2 (4)
Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. (28 Mei 2020). https://kemdikbud.go.id
Keo, M. R. (2016). Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Angkatan 2014 dan 2015 Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Baha Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Karya Ilmiah Sarjana). Diunduh dari AtmaLib. (FKIPK-550)
Khamid, A., & Umam, M. C. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh (PJJ) di perguruan tinggi pada masa wabah pandemi covid-19 terhadap pemahaman materi mahasiswa (Studi Eksploratif Mahasiswa Sarjana PAI IAIN Salatiga).
Kurniasari, E., Rusmana, N. & Budiman, N. (2019). Gambaran umum kesejahteraan psikologis mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 3(2), 52-58. Diunduh dari https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/564
Masruro, U., Surur, M., & Munawwir, Z. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap pemahaman mahasiswa pada masa pandemi Covid-19 Prodi Pendidikan Ekonomi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4720-4727.
Prabowo, A. (2016). Kesejahteraan psikologis remaja di sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(02), 246-260. doi: 10.22219/jipt.v4i2.3527
Purnamasari, M. G. (15 Maret 2020). Ini Arahan Lengkap Jokowi Demi Mencegah Meluasnya Corona di Indonesia. Kompas. https://nasional.kompas.com/
Ramadhani, T., Djunaedi & Sismiati, A. (2016). Kesejahteraan psikologis (psychological well-being) siswa yang orang tuanya bercerai. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1). Diunduh dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/download/1638/1287/
Ryff, C. D. (1995). The stucture of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 719-727.
Soputan, S. & Mulawarman, M. (2021). Studi kesejahteraan psikologis pada masa pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 41-51. doi: 10.36728/cijgc.v2i1.1434
Sudarnoto, L. F. N. (2018). Materi kuliah metodologi penelitian. Jakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Unika Atma Jaya.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Syaiful, A. I. & Sariyah, S. (2018). Konstruksi konsep kesejahteraan psikologi (psychological well-being) pada wirausahawan kecil menengah: Sebuah studi kualitatif. Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta, 2(1), 28-57. Diunduh dari https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/biopsikososial/article/view/7222/3013
Trianto. (2010). Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Jakarta: Kencana
Winarno. (2013). Metodologi penelitian dalam pendidikan jasmani. Malang: UM Press
Wulandari, S. (2016). Hubungan antara kesejahteraan psikologis dan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Psiko-Edukasi, 14(2), 94-100. Diunduh dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/505