HAMBATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SELAMA PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH
DOI:
https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4351Kata Kunci:
hambatan komunikasi interpersonal, pembelajaran jarak jauhAbstrak
Hambatan komunikasi adalah kondisi yang menghambat kelancaran komunikasi antara dua orang atau lebih. Jenis hambatan komunikasi yakni hambatan mekanik, semantik, dan manusiawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan komunikasi interpersonal yang dialami siswa kelas 11 IPA selama PJJ. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa instrumen skala penilaian yang terdiri dari 42 pernyataan valid dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,951. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian terhadap 52 siswa menunjukkan sebagian besar siswa mengalami hambatan komunikasi pada klasifikasi rendah (51,92%). Hambatan komunikasi interpersonal yang dominan dialami siswa adalah hambatan semantik dengan indikator yang dominan yaitu kurang percaya diri dan tidak mampu berkomunikasi dengan lancar saat PJJ. Peneliti memberikan saran kepada Guru BK, untuk memberikan layanan layanan bimbingan klasikal/ kelompok dan konseling kelompok/ individual untuk mengatasi hambatan ketidakpercayaan diri siswa dalam berkomunikasi secara interpersonal. Saran diberikan pula kepada Mahasiswa BK agar dapat memberikan topik layanan psikoedukasi kepada siswa usia remaja terkait dengan topik seperti meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan keterampilan asertif, dan cara memberikan pendapat.
Referensi
Afifah, M.N. (2021). “Isolasi Mandiri Covid-19, Perlu Waktu Berapa Lama?”. Diakses pada:
Aprilia, R., Madihah, H., & Susanto, D. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(3), 13–17. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/1232%0Ahttps://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/download/1232/1050
Cangara, H. H. (2018). Pengantar ilmu komunikasi edisi ketiga. Depok: Rajawali Pers.
Creswell, J.W. (2012). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research, 4th ed. Boston, USA: Pearson.
Febriati, A.A. (2014). Efektivitas komunikasi antar pribadi guru dan siswa dalam mencegah kenakalan siswa di SMA Negeri 1 kota Bontang. eJournal Ilmu Komunikasi Vol.02/No.04/Hal.287-296.
Goodwin, C. J., & Goodwin, K. A. (2013). Research in psychology: Methods and design. John Wiley & Sons.
Hamid, I. (2018). Penerapan teknik sosiodrama dalam bimbingan Kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Negeri 8 Makasar. Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(November), 1–19.
Jati, A.S. (2021). “Android 13 bakal dinamakan Tiramisu?”. Diakses pada: https://inet.detik.com/consumer/d-5660124/android-13-bakal-dinamakantiramisu?_ga=2.238424770.399046434.1627552648-366715460.1627552648
Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202–210. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.744
Kartiani, B. S. (2021). Pengaruh konseling kelompok terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.3418
Krismawati, Y. (2014). Teori psikologi perkembangan Erik H. Erikson dan manfaatnya bagi tugas pendidikan Kristen dewasa ini. KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol.02/No.01/46-56
Lestari, L. (2019). Hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 9 Lampung. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5), 1–16.
Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba ada serba makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mulyani, R., Hernawati, D., & Ali, M. (2021). Keterampilan komunikasi interpersonal dan hasil belajar: Sebuah studi korelasi siswa menengah atas. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 6(1), 82–92. https://doi.org/10.31949/be.v6i1.3033
Prasetya, A. (2018). “6 Perbedaan Laptop dan Notebook yang jarang diketahui”. Diakses pada: https://www.idntimes.com/tech/gadget/agung-prasetya/perbedaan-laptop-dan-notebookc1c2/6
Purnomo, D.P. & Harmiyanto (2016). Hubungan keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol.01/No.02/Hal.55-59.
Putra, N.F.P. (2013). Peranan komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam mencegah perilaku seks pranikah di SMA Negeri 3 Samarinda kelas XII. eJournal Ilmu Komunikasi Vol.01/No.03/Hal.35-53.
Putri, K.A. & Sawitri, D.R. (2018). Hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal siswa dan guru dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri “X”. Jurnal Empati Vol.07/No.01/Hal.165-174.
Rahmatiah, H.A & Asiyah N. (2019). Kesenjangan generasi antara guru dan murid sebagai tantangan digitalisasi pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang. Hal.305-312.
Sahid, M. (2021). Hambatan komunikasi pada proses pembelajaran menggunakan media Whatsapp Group. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol.05/No.01/Hal.299-308.
Sahputra, D., Syahniar & Marjohan. (2016). Kontribusi kepercayaan diri dan kecerdasan emosi terhadap komunikasi interpersonal siswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbigan dan konseling. Jurnal Konselor Vol.05/No.03/Hal.182-193.
Supratiknya A. (2016). Komunikasi antarpribadi: Tinjauan psikologis. Yogyakarta: Kanisius.
Suranto. (2011). Komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susanto, E.H. (2018). Komunikasi manusia: Teori dan praktek dalam penyampaian gagasan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Trianto. (2010). Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Jakarta: Kencana
Wicaksono, G., Naqiyah, N., Ag, S., Pd, M., & Konseling, B. (2013). Penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya. Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1(1), 61–78.
Wood, J.T. (2016). Interpersonal communication: Everyday encounters, 8th ed. Boston, USA: Cengage Learning.